Peran guru dalam menanamkan akhlak siswa di MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo 39B Batanghari Lampung Timur
Main Author: | Dwi Evanti, Ela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/171/1/Skripsi%20071.FTIK.2019.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/171/ |
Daftar Isi:
- Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih guru akidah akhlak memegang peranan yang sangat penting dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa. Guru akidah lkhlak harus lebih memperhatikan dan meningkatkan dalam menanamkan akhlakul karimah agar mempunyai perilaku baik yang sesuai dengan syari’at Islam. Oleh karena itu, diperlukannya pembinaan dan pengetahuan kepada siswa agar memiliki akhlak yang baik khususya tingkah lau. Adapun permasalahannya adalah tentang akhlak siswa yang mana masih ada sebagian siswa belum bisa menunjukan kearah perubahan akhlak yang baik yaitu tergolong kurang. Untuk itu bagaimana peran guru dalam menanamkan akhlak siswa di MTs Riyadlatu Ulum Bumiharjo 39B Batanghari Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan, yang mnegambil lokasi di MTs Riyadlatu Ulum Bumiharjo 39B Batanghari Lampung Timur. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh serta terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlak siswa di MTs Riyadlatu Ulum Bumiharjo 39B Batanghari Lampung Timur melaui tiga cara, yaitu: (1) Menjadi teladan terdiri dari: memberi contoh perbuatan baik merupakan alat pendidikan yang menyenagkan, memberi contoh yang baik dan memuji siswa atas prestasi atau kemajauan yang diperoleh dapat menumbuhkan semangat siswa untuk lebih giat dalam melaukan sesuatu yang lebih baik lagi, (2) Memberi bimbingan terdiri dari: menanamkan sifat jujur, saling menghargai, menghormati, dan disiplin, (3) Latihan pembiasaan yaitu mengucap salam dan berjabat tanggan, berdoa dan membaca Al Quran sebelum mata pelajaran dimulai.