Implementasi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah pada PT BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung

Main Author: Oktavia, Suharni
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1573/1/SUHARNI%20OKTAVIA%20%28NPM.%201502080104%29.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1573/
Daftar Isi:
  • BPRS Mitra Agro Usaha (MAU) Bandar Lampung merupakan lembaga keuangan syariah yang bergerak dibidang profit.Dalam kegiatan operasionalnya mencakup dua jenis kegiatan yaitu penghimpundana dan penyaluran dana dari masyarakat.Produk penghimpun dana yang dimiliki oleh BPRSMAUyaitu(Tabungan Wadiah, Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah). Dari ketiga produk penghimpun yang masih belum menarik perhatian masyarakat adalah produk deposito mudharabah.Karena kurangnya pemasaran yang dilakukan oleh pihak BPRSMAUpada produk deposito mudharabah.Maka diperlukannyapemasaran untuk memasarkan suatu produkperbankan.Pada dasarnya pemasaran menjadi kebutuhan pada dunia perbankan.Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu rencana yang telah dibuat serta diharapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Untuk mengumpulkan data, peneliti mendapatkannya melalui wawancara dan dokumentasi.Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik purpose sampling yaitu mengambil sampel nasabah deposito dan bukan nasabah deposito.Penelitianini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemasaranproduk deposito mudharabah yangdilakukan oleh BPRSMAUBandar Lampung. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa persentase jumlah nasabah deposito mudharabahBPRSMAUmengalami pasang surut tiap tahunnya dimulai pada tahun 2013 sampai dengan sekarang dengan persentase kenaikanyaitu 30% dan penurunan ± 5-10%. Penurunan jumlah nasabah terjadi karena faktor ketidakpercayaan nasabah pada BPRSMAU.Nasabah beranggapan bahwa BPRSMAUbelum dinaungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)padahal sebaliknya. Selain itu, pada sistem pemasaran produk deposito pihak BPRSMAUtidak memasarkan keseluruh lapisan masyarakat (hanya tertuju kepada pedagang-pedagang yang mempunyai toko besar). Berdasarkan hasil penelitian di BPRSMAUpemasaran yang diterapkan dalam memasarkan produk deposito mudharabahmenggunakan konsep bauran pemasaran(product, price, promotion,place).Dalam melakukan pemasaran pihak bank sudah cukup baik.Hanya saja, kurang menonjolkan bagian promotion.Akan lebih efektifapabila memanfaatkan media cetak (spanduk, brosur lebih menarik lagi), dan media teknologi dalam pemasaran seperti halnya sosial media yang saat ini hampir semua kalangan mengetahui.