Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlakdi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro

Main Author: Ramayanti, Juwita
Format: Thesis NonPeerReviewed pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1462/1/Skripsi%20Burning%20%28Juwita%29%20-%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1462/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar merupakan suatu hasil nyata yang di capai oleh siswa dalam usaha menguasai materi pembelajaran yang ditelah dipelajari di kelas yang di wujudkan dalam bentuk raport dalam setiap semesternya.Pembelajaran aqidah akhlak di sekolah marupakan upaya sadar dan terecana dalam menyiapkan siswa untuk mengenal , memahami, menghayati dan mengimani Allah Swt serta mampu merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh gaya kepemimpinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro berjumlah 44 siswa dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel peneltilian ini adalah sampel menggunakan Simpel Random sampling. untuk mengetahui jumlah yang diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tabelIsaac dan Michael demgan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh peneliti tentang hubungan gaya kepemimpinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI. Hasil tersebut dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05.