Penggunaan Model TQ (Team Quiz) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Mardianti, Isnaya Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1270/1/SKRIPSI%20ISNAYA%20EKA%20MARDIANTI.pdf http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1270/ |
Daftar Isi:
- Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru diharapkan mampu memilih dan menerapkan modelpembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali bakat, minat serta potensi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan modelTQ (Team Quiz)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 TrimurjoTahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mendiskripsikan hasil belajar dengan menggunakan modelTQ (Team Quiz) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi kelas VIIdi SMPN 1 Trimurjo.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Datayang diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahuibahwa setelah modelTQ (Team Quiz) diterapkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 91%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus IIsebesar 30%. Analisis data dapat dipahami bahwa modelTQ (Team Quiz) dapat meningkatkan hasilbelajar pada mata pelajaran PAI.