MODEL KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Main Authors: Yassir, Muhammad, Sarong, M. Ali, Nurmaliah, Cut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Biologi Edukasi , 2015
Subjects:
Online Access: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2272
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2272/2863
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan desain Pretest-Post-test Control Group. Sampel yang digunakan adalah kelompok eksperimen kelas VII-3 dan kelompok kontrol kelas VII-4. Populasi adalah siswa MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postes dan dianalasisi dengan analisis data gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas experimen adalah kategori rendah 30% dan sedang 70 %, sedangkan pada pembelajaran konvensional adalah kategori rendah 57%, sedang 42%. Kesimpulan penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.