PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET

Main Authors: Kresnayadi, IP. Eri, Rusitayanti, NW. Ary, Sumerta, IK., Ariawati, NW., Sudiarta, IGN., Bagia, IM.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali , 2019
Subjects:
Online Access: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/305
https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/305/252
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kuta, berjumlah 34 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada Motivasi belajar teknik lay up shoot bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe TAI  pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kuta tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi belajar teknik lay up shoot bola basket siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 11,78 yang berada pada kategori tinggi dan mengalami peningkatan sebesar 3,53 pada siklus II menjadi 15,31 yang berada pada kategori sangat tinggi. Hasil belajar teknik lay up shoot bola basket siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70,58% yang berada pada kategori cukup baik dan mengalami peningkatan sebesar 20,59% pada siklus II menjadi 91,17% yang  berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar teknik lay up shoot bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kuta Tahun Pelajaran 2018/2019.