DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DAN TINGKAT KONTROL ORANG TUA TERHADAP PRODUKTIVITAS BELAJAR PADA REMAJA
Main Authors: | Bulantika, Siti Zahra, Sa'adah, Sa'adah, Lacksana, Indra, Majdi, M.Zuhdi Zainul, Mafirja, Sulma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/5941 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/5941/3193 |
Daftar Isi:
- Produktivitas belajar adalah hal yang sangat penting untuk remaja khususnya siswa, karena akan berpengaruh pada keberhasilan dimasa depan. Rendahnya produktivitas pada siswa disebabkan oleh beberapa factor, yakni eksternal dan internal. Penggunaan gadget serta tingkat control orang tua menjadi factor pada produktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget dan tingkat kontrol orang tua terhadap produktivitas belajar pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS N 1 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Proportional Stratified Random Sampling dan terpilih sebanyak 63 reponden. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Uji Regresi Linear Berganda. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh intensitas dampak penggunaan gadget dan tingkat kontrol orang tua terhadap produktivitas belajar pada remaja. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bagi semua pihak baik dari pelajar, guru dan juga orang tua agar dapat berperan, memaksimalkan atau memanfaatkan penggunaan gadget untuk hal-hal yang berdampak positif