MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN FATHURRAHMAN AL-BAROKAH PALEMBANG MELALUI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF

Main Authors: jannati, zhila, Septiani, Anggia, Nuraida, Nuraida
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam , 1970
Online Access: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/4655
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/4655/2784
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling individu dengan teknik penguatan positif dalam meningkatkan kemandirian belajar anak pada Panti Asuhan Fathurrahman AlBarokah Palembang dan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar setelah dilakukan konseling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga remaja Panti Asuhan Fathurrahman Al-Barokah Palembang yang memiliki kemandirian belajar rendah. Jenis penelitian ini yaitu field research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran belajar anak panti asuhan Fathurrahman Al-Barokah Palembang bahwa anak panti mengalami kemandirian belajar yang rendah, seperti belum mampu belajar mandiri dan masih memerlukan bantuan orang lain. (2) Pelaksanaan konseling individu dengan teknik penguatan positif dengan memilih penguat yang bersifat social reinforcer, berupa pujian-pujian, senyuman, pernyataanpernyataan, tepukan tangan dan acungan jempol. Reward yang diberikan secara terus menerus setiap perilaku sasaran muncul, dan (3) Gambaran kemandirian belajar terdapat perubahan yaitu adanya peningkatan kemandirian belajar anak Panti Asuhan Fathurrahman Al-Barokah Palembang.