Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Main Author: Djaini, Arwin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2018
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/66
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/66/22
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui sejauh mana proses pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Mengetahui perubahan perilaku siswa pada mata pelajaran matematika dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menghasilkan dua temuan yakni : (1) secara keseluruhan hasil belajar dapat ditingkatkan pada proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan perolehan skor hasil pengamatan dan kualifikasi komponen penilaian “cukup baik” menjadi “baik dan sangat baik” atau dari kategori C menjadi kategori B dan A. (2) Dengan belajar secara kooperatif tipe NHT akan mampu meningkatkan hasil belajar.