MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SARTIKA KEC. BOTUPINGGE KABUPATEN BONE BOLANGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Sabiku, Nurfadjria
Format: Article info Journal
Terbitan: Ideas Publishing , 2017
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/3
Daftar Isi:
  • Tujuan dari Penulisan ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak TK melalui metode bernyanyi dengan menggunakan media Audio Visual di TK Sartika Kec. Botupingge. Penelitian ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan guru mitra.Agar pelaksanaan tindakan dapat berjalan lancer, maka guru berpedoman pada persiapan pembelajaran yang didalamnya tersermin langkah-langkah yang harus dilakukan guru dengan metode bernyanyi dengan menggunakan media audio visual.Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator penelitian, yakni : kemampuan berinteraksi dengan teman, Kepedulian kepada teman dna mau bekerjasama dengan teman, sehingga indikator keberhasilan yang telah ditetapkan akan tercapai. Kriteria penilaian berdasarkan pada pedoman penilaian yang berlaku pada Taman Kanak-kanak yakni M (mampu), KM (kurang mampu), dan TM (tidak mampu).Teknik pengumpulan data ini dilengkapi dengan wawancara, tes dan dokumentasi. Pengembangan kecerdasan emosis anak sangat penting karena Kecerdasan emosi menggambarkan kemampuan seorang individu untuk mampu mengelola dorongan-dorongan dalam dirinya terutama dorongan emosinya.Perkembangan terakhir dalam bidang ilmu psikolog menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan emosi ini ternyata lebih penting bagi seorang individu daripada kecerdasan intelektualnya.