Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengolah Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Workshop KKG di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo

Main Author: Djafar, Sukardi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2020
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/265
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/265/150
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah hasil belajar melalui kegiatan workshop. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok kerja guru (KKG) Buhuta dengan jumlah sampel berjumlah 21 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dengan tahapan 1) Perencanaan, 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai 13 orang atau 62 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 17 orang atau 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatanworkshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah hasil belajar siswa melalui kegiatan workshop KKG Buhuta di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.