PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PERGESERAN BELANJA KONSUMEN DI GORONTALO

Main Author: Taan, Hapsawati
Format: Article info Journal
Terbitan: Ideas Publishing , 2017
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/22
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh (perception) terhadap pergeseran (shifting) dalam perilaku berbelanja dari pasar tradisional ke pasar modern. Penelitian ini dilakukan dengan dengan mengambil sampel konsumen retail teknik sampling dengan menggunakan pendekatan random sampling dengan menggunakan metode accidental respondent.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan model simple linear regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pergeseran. Hal ini mengindikasikan bahwa persepsi konsumen yang baik berpengaruh dalam meningkatkan konsumen untuk memutuskan bergeser pola belanja dari pasar tradisional ke pasar modern di Gorontalo.