PENGGUNAAN MEDIA KAKSEAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI

Main Author: Zefrin, Zefrin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2019
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/206
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/206/123
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan realita di kelas VI SDN 89 Sipatana, terdapat permasalahan pembelajaran, yaitu: 1) pembelajaran diajarkan hanya menggunakan buku teks pelajaran yang memuat begitu banyak materi sehingga siswa jenuh 2) proses belajar PKn berlangsung siswa terlihat kurang focus dan sering mengganggu temannya 3) ketika diberikan tugas kelompok beberapa siswa tidak aktif dan terlihat mengantuk. Upaya mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan media kaksean dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 34 siswa. Peneliti bekerjasama dengan satu orang observer. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: reduksi dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media kaksean dalam pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, 2) penggunaan media kaksean dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di siklus I mencapai 73,52% dan silkus II mencapai 85,2%.