PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD NEGERI 02 WANGGARASI DALAM PENYUSUNAN TES HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Main Author: | Tahibu, Tetty Satari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ideas Publishing
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/197 https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/197/111 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini dilaksanakan karena guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester belum maksimal sehingga pemahaman peserta didik terhadap soal tidak maksimal. Untuk mengetahui apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir kelas I-VI dan guru mata pelajaran agama dan PJOK SD Negeri 02 Wanggarasi tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru kelas I-VI dan guru mata pelajaran agama dan PJOK di SD Negeri 02 wanggarasi yang berjumlah 8 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester di SD Negeri 02 wanggarasi. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yaitupenilaian yang dilakukan oleh peneliti di kondisi awal rata-rata yang diperoleh adalah 62,13.Setelah dilaksanakan supervisi akademik siklus I meningkat menjadi 66,69 dan pada siklus II menjadi 77,75. Selain itu guru dapat mengikuti supervisi akademik dengan baik.