UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KOTA BARAT KOTA GORONTALO.pdf

Main Author: Kumisi, Risna
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2019
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/190
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/190/121
Daftar Isi:
  • Abstrak Perencanaan pembelajaran merupakan langkah yang sangat penting sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Perencanaan yang matang diperlukan agar pelaksanaan pembelajaran dapat  berjalan secara efektif.Perencanaan pembelajaran dituangkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH),yang memuat tingkat pencapaian perkembangan, indikator yang akan dicapai, materi yang akan dipelajari, metode pembelajaran, langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar serta penilaian.Guru, sebagai pendidik di dalam kelas, harus mampu berperan sebagai desainer (perencana), implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran. Guru merupakan faktor yang paling dominan karena kualitas mengajar guru dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, baiksecara langsung maupun tidak langsung.Namun, tidak semua guru menerapkan perencanaan pembelajaran yang matang dalam proses pengajaran. Selain itu, sebagian besar guru khususnya di sekolah swasta belum mendapatkan pelatihan pengembangan RPPH. Sehingga, penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah tempat peneliti bekerja.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RKH dengan lengkap.