MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA KORESPONDENSI DI KELAS X ADP1 SMK NEGERI 1 LIMBOTO

Main Author: T. Ishak, Nikmawaty
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2019
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/183
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/183/106
Daftar Isi:
  • Abstrak               Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X ADP1 pada SMK Negeri 1 Limboto dengan  menggunakan model cooperative learning tipe examples non examples pada mata pelajaran pada mata pelajaran korespondensi dengan indikator penelitian: jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 53.33% menjadi 80%.Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X ADP1 SMK Negeri 1 Limboto. Hal ini ditujukkan dengan data sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari hasil observasi awal dan 2) Hasil belajar siswa pada siklus II telah meningkat, sehingga dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa hipotesis penelitian Jika menggunakan model cooperative learning tipe examples non examples pada mata pelajaran Korespondensi  kelas X ADP1 SMK Negeriā€, dengan indikator penelitian : jumlah siswa yang memperoleh nilai meningkat.