Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Botupingge

Main Author: Djafar, Sispan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2018
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/126
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/126/68
Daftar Isi:
  • Kesulitan siswa dalam menulis yang merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. Disamping itu penggunaan metode pembelajaran yang konvensional oleh guru juga merupakan hal yang menggelitik penulis untuk mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam pembelajaran menulis. Dalam menghadapi masalah ini peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Botupingge. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa kemampuan menulis teks berbentuk procedure siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, dimana  Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,33%, ketika diterapkan model pembelajaran ini maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 90%. Jadi, berdasarkan penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.