Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Induksi Elektromagnetik di Kelas IX SMP Negeri 1 Botupingge

Main Author: Aboka, Nurhayati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2018
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/120
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/120/71
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada masalah yang sering dihadapi guru ketika mengajar pada siswa. Masalahnya adalah kurangnya motivasi dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan guru masih didominasi oleh metode ceramah serta guru dalam mengajar masih kurang memperhatikan kemampuan berfikir siswa, sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, kurang interaksi baik antara sesama siswa maupun siswa dengan guru dan sebagai akibatnya mereka kurang memahami materi yang dipelajari dan akhirnya hasil belajar mereka selalu berada di bawah nilai ketuntasan. Dalam menghadapi masalah ini dilaksanakan suatu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Penemuan Terbimbing.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,67%, ketika diterapkan model pembelajaran ini maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 90,00%. Jadi, berdasarkan penelitian ini model pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.