Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Pratikum Pada Materi Perpindahan Kalor Di Kelas VII A SMP Negeri 1 Randangan

Main Author: Yusuf, Asia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ideas Publishing , 2018
Online Access: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/112
https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/112/57
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Randangan pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran partikum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Randangan yang berjumlah siswanya 27 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus melalui 4 tahap yaitu : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Analisis data yang digunakan secara umum terdiri dari proses analisis untuk menghitung presentasi keaktifan siswa dan mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan data dari siklus I dan II dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA melalui penerapan metode praktikum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA. Terbukti pada siklus I keaktifan siswa mencapai 72,07% dan hasil belajar mencapai 64,07%. Dengan perbaikan pembelajaran pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 83,95% dan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 77,03%. Terbukti bahwa dengan penerapan metode praktikum IPA maka kwalitas pelaksanaan pembelajaran meningkat. Hal ini berarti hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima