Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar / Erlita Hidaya Nikmah
Main Author: | Nikmah, Erlita Hidaya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99900/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSTADKeaktifanHasilBelajarGurumerupakansalahsatufaktoryangberperanpentingdalamkegiatanpembelajaran.Perangurutersebutperluditingkatkansebagaiupayauntukmemperbaikikualitaspembelajaran.Makadariituguruharuspandaimengembangkanmodelpembelajaranyangberorientasipadapeningkatanintensitasketerlibatansiswasecaraaktif(studentcentered)didalamprosespembelajarandandapatmenerapkanvariasimodeldalamkegiatanpembelajaran.UntukituperluditerapkanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)yangberperandalammeningkatkankerjasamadanketerlibatansiswasecaraaktifsehinggahasilbelajaryangdiinginkandapattercapai.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)terhadapkeaktifandanhasilbelajargeografisiswakelasXdiSMANegeri1Kesamben.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)dengansubjekpenelitianadalahsiswakelasXyaitukelasX8sebagaikelaseksperimendankelasX6sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupalembarobservasiuntukmengetahuikeaktifansiswadansoal-soaltesyaitupratesdanpascatesuntukmemperolehdatahasilbelajarsiswa.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahujianovasatujalur(OneWayAnova)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)terhadapkeaktifandanhasilbelajargeografisiswakelasXdiSMANegeri1KesambenBlitar.Haltersebutdidasarkanpadahasilujianovakeaktifansiswayangdidapatkannilaiprobabilitassebesarp(0031)706(005)yangberartibahwaH0ditolaksedangkanhasilujianovahasilbelajar(gainscore)siswayangdidapatkannilaiprobabilitassebesarp(0025)706(005)yangberartibahwaH0ditolak.SelainitudilihatdarinilaikeaktifansiswapadakelaseksperimenyangditerapkanmodelSTADlebihtinggiyaitusebesar6497dankelaskontrolsebesar6169.Demikianpulanilairata-ratahasilbelajar(gainscore)padakelaseksperimenlebihtinggiyaitusebesar2638dankelaskontrolsebesar2011.Disarankanbagigurugeografiuntukmembagisiswadalamkelompok-kelompoksecaraheterogensebelumkegiatanpembelajarandimulaisehinggasaatkegiatanpembelajaranwaktupelajarantidakbanyakyangtersitauntukpembentukankelompok.Selainituguruharusbisamengendalikankelassaatkegiatankelompokagarsiswatidakgaduhdidalamkelasdengancaramendekatisiswadalamkelompok-kelompok.