Penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang pada materi Hidrosfer / Dzaki Fahmil Fikri

Main Author: Fikri, Dzaki Fahmil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/99895/
Daftar Isi:
  • Katakunciexamplesnonexampleshasilbelajar.ObservasiawaldiketahuibahwametodepembelajaranIPSGeografiyangdilakukanolehgurumatapelajarankelasVIIdiMTsMiftahulUlumDampitadalahceramahdandiskusi.Metodeyangdigunakanmasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajarankurangaktifnyasiswadalamdiskusikelompokkarenatidakadatanggungjawabindividudankerjasamadalambelajarbersamadankemampuansiswadalammempelajaritentangsuatukonsepkurangsehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswadalammencapaikompetensidasarmasihrendah.Halituterlihatdarihasilbelajarsiswadenganrata-ratakelasnyasebesar6934.HasilbelajartersebutperludiperbaikidenganmenerapkanmodelpembelajaranExamplesnonExampleskarenadenganmodelExamplesnonExamplessiswadapatmengemukakanpendapattentangkonsepyangdipelajarisehinggasiswamenjadilebihmendalamimaterisiswalebihkritisdalammelihatfenomenalingkungandanmeningkatkankerjasamasiswa.Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanMeiJuni2012.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIIyangberjumlah32siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklusteknikpengumpulandatamelaluites.Analisisdatadilakukansecaradeskriptifkuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar6934padasiklus1meningkatmenjadi7566danpadasiklus2meningkatmenjadi8031.DisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranExamplesnonExamplesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriHidrosfer.ModelpembelajaraninisebaiknyaditerapkanolehguruIPSGeografikarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswauntukmeningkatkankemampuansiswadalammengemukakanpendapattentangkonsepyangdipelajarisehinggasiswamenjadilebihmendalamimateri.PenggunaanmodelpembelajaranExamplesnonExamplessebaiknyadikembangkanpadakompetensidasarlain.