Penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang pada materi Hidrosfer / Dzaki Fahmil Fikri
Main Author: | Fikri, Dzaki Fahmil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99895/ |
Daftar Isi:
- Katakunciexamplesnonexampleshasilbelajar.ObservasiawaldiketahuibahwametodepembelajaranIPSGeografiyangdilakukanolehgurumatapelajarankelasVIIdiMTsMiftahulUlumDampitadalahceramahdandiskusi.Metodeyangdigunakanmasihkurangmelibatkansiswadalamprosespembelajarankurangaktifnyasiswadalamdiskusikelompokkarenatidakadatanggungjawabindividudankerjasamadalambelajarbersamadankemampuansiswadalammempelajaritentangsuatukonsepkurangsehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswadalammencapaikompetensidasarmasihrendah.Halituterlihatdarihasilbelajarsiswadenganrata-ratakelasnyasebesar6934.HasilbelajartersebutperludiperbaikidenganmenerapkanmodelpembelajaranExamplesnonExampleskarenadenganmodelExamplesnonExamplessiswadapatmengemukakanpendapattentangkonsepyangdipelajarisehinggasiswamenjadilebihmendalamimaterisiswalebihkritisdalammelihatfenomenalingkungandanmeningkatkankerjasamasiswa.Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanMeiJuni2012.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIIyangberjumlah32siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklusteknikpengumpulandatamelaluites.Analisisdatadilakukansecaradeskriptifkuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar6934padasiklus1meningkatmenjadi7566danpadasiklus2meningkatmenjadi8031.DisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranExamplesnonExamplesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriHidrosfer.ModelpembelajaraninisebaiknyaditerapkanolehguruIPSGeografikarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswauntukmeningkatkankemampuansiswadalammengemukakanpendapattentangkonsepyangdipelajarisehinggasiswamenjadilebihmendalamimateri.PenggunaanmodelpembelajaranExamplesnonExamplessebaiknyadikembangkanpadakompetensidasarlain.