Penerapan metode survey, question, read, recite, and review (SQ3R) untukmeningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun / Natalia Angga Kristiana
Main Author: | Kristiana, Natalia Angga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99858/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMetodeSQ3RdanhasilbelajarBerdasarkanobservasiyangdilakukanpadatanggal29Oktober2010dikelasXCSMANegeri1MejayanKabupatenMadiundiketahuibahwanilaisiswapadapembelajarangeografibelummaksimal.Nilairata-ratakelaspembelajarangeorafiadalah698denganketuntasanbelajarklasikalsiswasebesar645%belummemenuhiStandartKetuntasanMinimal(SKM)geografiyaitu75.Sejumlah11siswamendapatnilaidibawahSKM.Darihasilobservasijugadiketahuibahwasiswatidaksukamembacabukukarenamalasdansulitmemahaminyasertasiswamerasabosandengancaramengajarguruyangmonoton.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganpenerapanmetodeSQ3Runtukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajarangeografi.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusterdiridariduakalipertemuan.Masing-masingsiklusterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukandikelasXCSMANegeri1MejayanKabupatenMadiundenganjumlahsiswa31orang11siswalaki-lakidan20siswaperempuanpadaKompetensiDasarMenganalisishidrosferdandampaknyaterhadapkehidupandimukabumi.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupahasilbelajarsiswa.Hasilbelajarsiswadiukurberdasarkanselisihtespadasiklus1dengantespadasiklus2.Instrumenyangdigunakanyaitusoalteslembarobservasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajargeografisiswakelasXCSMANegeri1MejayanKabupatenMadiun.Rata-ratanilaikelassebelumtindakanadalah698mengalamipeningkatanpadasiklus1menjadi773danmeningkatlagipadasiklus2menjadi811.Ketuntasanbelajarklasikalsiswasebelumtindakanadalah645%meningkatpadasiklus1menjadi774%.Jumlahinitelahmengalamikenaikansebesar129%.Padasiklus2ketuntasanbelajarklasikalsiswameningkatlagimenjadi903%haliniberartiterjadikenaikanketuntasanbelajarklasikalsebesar129%.DengandemikianmetodeSQ3Rsangatefektifuntukmeningkatkanhasilbelajargeografisiswa.