Penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS geografi kompetensi dasar mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya kelas VIII-F, SMP Negeri 9 Malang / Likna Riarezky
Main Author: | Riarezky, Likna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99845/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranTeamGameTournament(TGT)HasilBelajarPermasalahanpokokyangterjadidiSMPNegeri9Malangadalahrendahnyahasilbelajarsiswa.BerdasarkandokumenhasilbelajarsiswamenunjukkanbahwanilaitestertinggiuntukmatapelajaranIPSGeografiadalah72denganketuntasanklasikalsebesar51%.SelainituberdasarkanhasilobservasiterlihatbahwapadasaatprosesbelajarberlangsungsiswatidakbersemangatkarenamenganggapbahwapelajaranIPSGeografisangatmembosankan.ParasiswahanyadisuruhuntukmengerjakantugasdanmembacaLKS.Kerjasamaantarsiswajugakurangdancenderunguntukberkelompokterbuktisaatdiajakuntukbelajarkelompokmerekamemintauntukmembentukkelompoknyasendiri.TeamGamesTournament(TGT)merupakanmodelpembelajarankooperatifyangbisamengajaksiswauntukaktifdalamprosespembelajarandanmeningkatkansemangatbersaingsiswadalambelajar.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-F.JenispenelitianyangdilakukanadalahPenelitianTindakanKelas.Penelitianinidilaksanakandalam2sikluspembelajaran.Subjekdalampenelitianiniadalah39siswakelasVIII-FSMPNegeri9Malangtahunpelajaran2010/2011.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatdarisebelumtindakankesiklusImaupunsiklusII.Untukhasilbelajaraspekkognitifnilairata-rataklasikalsebelumtindakanadalah53948atau51%danpadasiklusImeningkatmenjadi70051atau615%.Terjadipeningkatansebesar564%.PadasiklusIInilairata-rataklasikalsebesar78769atau846%terjadipeningkatandarisiklusIsebesar282%.Berdasarkanhasilbelajardariaspekafektifjugaterjadipeningkatan.Sebelumtindakannilairata-rataangkaaspekafektifadalah44872(E)padasiklusImeningkatmenjadi70128(C)atauterjadipeningkatansebesar563%.PadasiklusIInilairata-rataangkaaspekafektifadalah80641(B)terjadipeningkatansebesar149%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswabaiksecarakognitifmaupunafektif.Langkah-langkahmodelpembelajaraninidilakukanmelalui3tahapansetiapsiklusyaitupenyajianmateribelajarkelompokdanturnamen.DisarankankepadaguruuntukmemperhatikankekomplekankompetensidasarataukonsepsebelummenerapkanmodelpembelajaranTGTdanmembuatpermainansevariatifmungkin.