Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X A di SMAN 1 Gondanlegi / Nurmauladina Oktorina

Main Author: Oktorina, Nurmauladina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/99841/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)hasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiawalpadabulanOktober2010dalamprosespembelajarangeografidikelasXASMAN1Gondanglegitahunajaran2010/2011terdapatbeberapakelemahanyangmempengaruhihasilbelajarsiswayaitu(1)Kemampuansiswadalampencapaiankompetensipembelajaranmenganalisismasihkurangdikarenakanmetodeyangdilakukandidalamkelasmonotonyngmembuatsiswabosansehinggahasilbelajarrendah(2)Hasilbelajarsiswamasihrendahdiketahuidarihasilanalisisdatahasilbelajarpratindakanbelumadasiswayangmempunyainilaidengankriteriasangatbaikkriterianilaisiswayangterbanyakadalahbaik38%dancukup38%jugamasihtedapatkriteriakurangdansangatkurangbiladihubungkandenganbelajartuntasketuntasanbelajarsiswamasihrendahyaituhanya38%sajasiswayangdinyatakantuntasdalambelajar.(3)Dalamkegiatandiskusikelompokyangselamainidilakukandidalamkelascenderunggaduhdantidakefektifdikarenakananggotakelompokyangberlebihan(5-6orang).TujuanpenelitianinimeningkatkanhasilbelajargeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuandilakukandikelasXASMAN1GondanglegipadabulanJanuari-Februari2011.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahdeskriptifkuantitatifdenganmenggunakantabelpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajargeografisiswamengalamipeningkatan.SiklusIhasilbelajarnyasebagianbesarbaikyaitu56%darisemuanamunmasihadanilaisisiwadengankriteriakurangyaitu32%darisemuasiswadanketuntasanbelajarnyamengalamipeningkatan59%.SiklusIIhasilbelajarnyamengalamipeningkatansebagianbesarnilaisiswamendapatkriteriasangatbaikyaitu62%darisemuasiswa32%lainnyadengankriteriabaikdanuntukkategorikurangsudahtidakadadalamhalketuntasanbelajarsiklusIImengalamipeningkatandarisiklusIyaitu94%.DalampenelitianinijugaditemukanbahwaSiswadapatlebihsiapuntukmemperolehpembelajaranbilaLKSdiberikansebelumpembelajarandimulai.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutbahwatelahterjadipeningkatanhasilbelajargeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelTPS.DisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodelTPSagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkatdanmemberikantugassebelumpembelajaranagarsiswalebihsiap.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodeltersebutdisekolahsepertimediabelajargeografiyangmemadaidanmenerapkanbeberapamodelpembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.