Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII semester 1 MTS Surya Buana Malang / Nofita Sari

Main Author: Sari, Nofita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/99833/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifModelJIGSAWhasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangtelahdilakukandiMTsSuryaBuanaMalangdiketahuibahwapembelajaranIPSmasihdidominasiolehceramahmeskipunkadang-kadangterdapatvariasisepertitanyajawabdandiskusi.Akantetapipembelajarantersebutdirasakurangefektifmelatihsiswadalammemecahkanmasalah.Sehinggahasilbelajaryangdiperolehsiswakurangmemuaskan.HalinidapatdilihatpadahasilbelajarkelasVIIIByangmenunjukkanhanya9siswayangnilainyatelahmemenuhiKKMsedangkan15siswanilainyabelummemenuhiKKM.PenelitianinidilaksanakandiMTsSuryaBuanaMalangdengansubjekpenelitiankelasVIIIByangberjumlah24siswapadamateripermasalahankependudukandanupayapenanggulangannya.Penelitianinitermasukdalampenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatahasilbelajardenganmenggunakantesyangdilakukansetiapakhirsiklus.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsaw..Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatannilairata-ratakelassiswasebelumdansetelahtindakan.PadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswasebesar6808danketuntasannya67%.Jumlahinimeningkatdibandingkandengandataawal(pratindakan)yaitu6391dengannilaiketuntasanya37%.KemudianmeningkatpadasiklusIIsebesar8008dengannilaiketuntasan91%.Jumlahsiswayangsudahtuntassebelumtindakansebesar9siswakemudianpadasiklusImeningkatmenjadi16siswadanpadasiklusIImeningkatmenjadi22siswa.BerdasarkanuraiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodelJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasVIIIBMTsSuryaBuanaMalang.