Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII semester 1 MTS Surya Buana Malang / Nofita Sari
Main Author: | Sari, Nofita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99833/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKooperatifModelJIGSAWhasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangtelahdilakukandiMTsSuryaBuanaMalangdiketahuibahwapembelajaranIPSmasihdidominasiolehceramahmeskipunkadang-kadangterdapatvariasisepertitanyajawabdandiskusi.Akantetapipembelajarantersebutdirasakurangefektifmelatihsiswadalammemecahkanmasalah.Sehinggahasilbelajaryangdiperolehsiswakurangmemuaskan.HalinidapatdilihatpadahasilbelajarkelasVIIIByangmenunjukkanhanya9siswayangnilainyatelahmemenuhiKKMsedangkan15siswanilainyabelummemenuhiKKM.PenelitianinidilaksanakandiMTsSuryaBuanaMalangdengansubjekpenelitiankelasVIIIByangberjumlah24siswapadamateripermasalahankependudukandanupayapenanggulangannya.Penelitianinitermasukdalampenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatahasilbelajardenganmenggunakantesyangdilakukansetiapakhirsiklus.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsaw..Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatannilairata-ratakelassiswasebelumdansetelahtindakan.PadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswasebesar6808danketuntasannya67%.Jumlahinimeningkatdibandingkandengandataawal(pratindakan)yaitu6391dengannilaiketuntasanya37%.KemudianmeningkatpadasiklusIIsebesar8008dengannilaiketuntasan91%.Jumlahsiswayangsudahtuntassebelumtindakansebesar9siswakemudianpadasiklusImeningkatmenjadi16siswadanpadasiklusIImeningkatmenjadi22siswa.BerdasarkanuraiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodelJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasVIIIBMTsSuryaBuanaMalang.