Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Dini Afriani
Main Author: | Afriani, Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99832/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifmodelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingAndComposition(CIRC)hasilbelajar.Kualitaspembelajarandipengaruhiolehberbagaifaktorsalahsatunyaadalahprosespembelajaranyangditerapkanolehgurudisekolah.Pelaksanaanpembelajaransaatiniperlunyaperubahanparadigmapembelajarandariyangberpusatpadaguru(teachercentered)menjadiberpusatpadasiswa(studentcentered).Pembelajaranyangdidominasiolehgurumengakibatkansiswatidakbanyakberperandalampembelajaransehinggasiswacenderungpasif.Kurangnyakegiatanyangmembutuhkankerjasamaantarsiswajugaakanmenyebabkantumbuhnyasifatindividualdiantaramereka.ModelpembelajaranCooperativeIntegratedReadingAndComposition(CIRC)berperandalammeningkatkankerjasamadankeaktifansiswa.CIRCdapatmembantusiswabelajarmemahamimateripelajaranmelaluibacaan/wacanaartikeldanklipingdengancaramembacamenganalisisdanmemecahkanpermasalahanyangdiberikanolehgurudantidakbergantungpadatekstertentudisampingmeningkatkankeaktifansiswadalamkegiatanpembelajaran.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajaranCIRCterhadaphasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIIISMPNegeri8MalangkhususnyapadaTopikPermasalahanKependudukandanUpayaPenanggulangannya.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)dengansubjekpenelitianduakelasyaitukelasVIIIAsebagaikelaseksperimendankelasVIIIDsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesyaitupratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratagainscoresiswapadakelaseksperimensebesar2830sedangkanpadakelaskontrolsebesar2216dengannilaisignifikansisebesar0002945(005)sehinggadapatdisimpulkanpenerapanmodelCIRCberpengaruhterhadaphasilbelajarIPSGeografisiswa.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiIPSGeografiadalahmenjadikanmodelCIRCsebagaialternatifmodelpembelajaranyangmampumeningkatkanhasilbelajarsiswaterutamapadaTopikPermasalahanKependudukandanUpayaPenanggulangannya.Selanjutnyabagipenelitilainagardapatmengembangkanlebihlanjutpadamaterilaindanmenggunakanmetodeyangberbeda.