Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selorejo Blitar tahun pelajaran 2010/2011 / Husnul Hotimah Lutfi Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Husnul Hotimah Lutfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99829/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)hasilbelajarPeningkatanmutupendidikanditandaidenganpeningkatanprestasibelajarpesertadidik.Aspekterpentingdalampeningkatanprestasibelajarpesertadidikadalahmeningkatkanmutuprosespembelajaranhalinitergantungdarikemampuangurudalammengajarmaupundalampengelolaankelas.Sedangkankeberhasilangurudalamkegiatanpembelajaransalahsatunyaditentukanolehkemampuandalampenerapanmodelpembelajaran.Penerapanmodelpembelajaranmerupakansuatukegiatanyangdilakukanolehguruyangdiharapkanmampuuntukmeningkatkanpemahamansiswasehinggahasilbelajarsiswapunjugameningkat.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahmodelpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelpembelajaranThinkPairShareterhadaphasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIIISMPNegeri1SelorejoBlitartahunpelajaran2010/2011padakompetensidasarmendeskripsikanpermasalahankependudukandandampaknyaterhadappembangunan.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuyangdikembangkandenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniyaknikelasVIIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIICsebagaikelaskontrolyangdipilihberdasarkankemampuanakademikkeduakelompokyangsetara.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtesobjektif.DatapadapenelitianiniterdiridaritigajenisyaitudatakemampuanawalsiswadatakemampuanakhirsiswadandatahasilbelajarIPSGeografisiswa.Datahasilbelajarsiswadiperolehdariselisihantaraskorpascatesdanskorprates(gainscore).Gainscoretersebutselanjutnyadianalisismenggunakanuji-tduasampeltidakberpasangan(Independent-Samplest-test).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyakni4275untukkelaseksperimendan3686untukkelaskontrol.Hasilanalisisuji-tmenunjukkanbahwanilaisignifikansisebesar0024945(005)sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanmodelpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)terhadaphasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIIISMPNegeri1SelorejoBlitartahunpelajaran2010/2011.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagiguruIPSGeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranThinkPairSharepadakompetensidasarlainkarenadapatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswayangdapatdibuktikandenganmeningkatnyahasilbelajarsiswa.