Pengaruh penggunaan metode diskusi syndicate group terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Septina Eva Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Septina Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99826/ |
Daftar Isi:
- Katakuncidiskusisyndicategrouphasilbelajar.Pembelajaranmerupakansalahsatukegiatanutamauntukmencapaitujuanpendidikannasional.Salahsatukomponenpembelajaranyangdapatmenunjangpencapaiantujuanpembelajaranadalahmetode.Metodeyangbaikadalahmetodeyangdapatmenumbuhkanaktivitasbelajarsiswa.Terdapatbeberapafaktoryangmenyebabkanaktivitasbelajarsiswarendahsalahsatufaktortersebutyaknikarenametodeyangdigunakankurangmelibatkanaktivitassiswasecaralangsung.Haltersebutdapatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahmetodediskusisyndicategroup.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmetodediskusisyndicategroupterhadaphasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIIISMPNegeri5Malangtahunajaran2010/2011padakompetensidasarmendeskripsikanpermasalahankependudukandandampaknyaterhadappembangunan.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuyangdikembangkandenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniyaknikelasVIIICsebagaikelaseksperimendankelasVIIIDsebagaikelaskontrolyangdipilihberdasarkankemampuanakademikkeduakelompokyangsetara.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahtesesai.PenelitianiniterdiridaritigadatayaitudatakemampuanawalsiswadatakemampuanakhirsiswadandatahasilbelajarIPSGeografisiswa.Datahasilbelajarsiswadiperolehdariselisihantaranilaipascatesdannilaiprates(gainscore).Gainscoretersebutselanjutnyadianalisismenggunakanujitduasampeltidakberpasangan(Independent-Samplest-test).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaknikelaseksperimen2580sedangkankelaskontrol2020.Hasilanalisisujitmenunjukkannilaip0022lebihkecildaripada005.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmetodediskusisyndicategroupberpengaruhterhadaphasilbelajarIPSGeografisiswakelasVIIISMPNegeri5Malangtahunajaran2010/2011.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagiguruIPSGeografiagarmenggunakanmetodediskusisyndicategroupuntukmenambahvariasipembelajaran.Bagipenelitilanjutpenelitianiniperludikembangkanterutamauntukmateriselainpermasalahankependudukantetapimasihmemilikikarakteristikyangsama.