Pengaruh pemanfaatan multimedia (CD pembelajaran macromedia flash MX dan 3D studio max) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam pembelajaran geografi pada topik tenaga pembentuk muka bumi / Siti Nur Kholifah Syakdiyah
Main Author: | Syakdiyah, Siti Nur Kholifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99825/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimultimediahasilbelajarsiswaPembelajaranadalahupayamembelajarkansiswa.Dalammembelajarkansiswaterjadiproseskomunikasiyaitumenyampaikaninformasidarisumberkepadapenerimainformasi.DalamproseskomunikasiseringtidakberjalandenganlancarkarenamengalamisuatuhambatanyangdisebutBarrierstoEffectiveLearningyangberbentukverbalismekesalahanpenafsiranperhatianyangtidakterpusattidakadatanggapanyangmenyeluruhdankeadaanfisiklingkunganbelajaryangmenganggu.Salahsatucarauntukmengatasihambatantersebutadalahdenganmemanfaatkanmultimedia.Mediainidipilihkarenamemilikibeberapakelebihandiantaranyamampumenampilkananimasibergerakdilengkapidenganaudiodangambar-gambaryangtampilannyamenarik.Mediainijugadapatmembuatcaraberpikirsiswalebihkonkrityangnantinyaakanlebihmeningkatkanpemahamanmateri.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanmultimedia(CDPembelajaranMacromediaFlashMXdan3DStudioMAX)terhadaphasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malangdalampembelajarangeografitopiktenagapembentukmukabumi.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)dengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekdalampenelitianiniadaduakelasyaitukelasVIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIAsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatespilihangandayangdigunakanuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimenyangmemanfaatkanmultimediadankelaskontrolyangmemanfaatkanmediagambardiam.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratakelaseksperimen(3463)lebihtinggidibandingkandenganrata-ratakelaskontrol(2793).Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasignifikansisebesar0023lebihkecildibandingkan945tabelsebesar005.DarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanmultimediaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malangdalampembelajarangeografipadatopiktenagapembentukmukabumi.Disarankanbagigurugeografiuntukmemanfaatkanmultimediasebagaimediapembelajaranagarhasilbelajarsiswalebihbaik.Bagipenelitilaindisarankanuntukmengembangkanpenelitiantentangpemanfaatanmultimediadenganmateridanaspekyangdiukurberbeda.