Pengaruh pemanfaatan multimedia (CD pembelajaran macromedia flash MX dan 3D studio max) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam pembelajaran geografi pada topik tenaga pembentuk muka bumi / Siti Nur Kholifah Syakdiyah

Main Author: Syakdiyah, Siti Nur Kholifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/99825/
Daftar Isi:
  • KataKuncimultimediahasilbelajarsiswaPembelajaranadalahupayamembelajarkansiswa.Dalammembelajarkansiswaterjadiproseskomunikasiyaitumenyampaikaninformasidarisumberkepadapenerimainformasi.DalamproseskomunikasiseringtidakberjalandenganlancarkarenamengalamisuatuhambatanyangdisebutBarrierstoEffectiveLearningyangberbentukverbalismekesalahanpenafsiranperhatianyangtidakterpusattidakadatanggapanyangmenyeluruhdankeadaanfisiklingkunganbelajaryangmenganggu.Salahsatucarauntukmengatasihambatantersebutadalahdenganmemanfaatkanmultimedia.Mediainidipilihkarenamemilikibeberapakelebihandiantaranyamampumenampilkananimasibergerakdilengkapidenganaudiodangambar-gambaryangtampilannyamenarik.Mediainijugadapatmembuatcaraberpikirsiswalebihkonkrityangnantinyaakanlebihmeningkatkanpemahamanmateri.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanmultimedia(CDPembelajaranMacromediaFlashMXdan3DStudioMAX)terhadaphasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malangdalampembelajarangeografitopiktenagapembentukmukabumi.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)dengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekdalampenelitianiniadaduakelasyaitukelasVIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIAsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatespilihangandayangdigunakanuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimenyangmemanfaatkanmultimediadankelaskontrolyangmemanfaatkanmediagambardiam.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratakelaseksperimen(3463)lebihtinggidibandingkandenganrata-ratakelaskontrol(2793).Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasignifikansisebesar0023lebihkecildibandingkan945tabelsebesar005.DarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanmultimediaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri5Malangdalampembelajarangeografipadatopiktenagapembentukmukabumi.Disarankanbagigurugeografiuntukmemanfaatkanmultimediasebagaimediapembelajaranagarhasilbelajarsiswalebihbaik.Bagipenelitilaindisarankanuntukmengembangkanpenelitiantentangpemanfaatanmultimediadenganmateridanaspekyangdiukurberbeda.