Pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ninna Sri Subianita Priningrum
Main Author: | Priningrum, Ninna Sri Subianita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99824/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajaranmodelTAIhasilbelajarPemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranharusmemperhatikankemampuansiswayangsecaraumumtidaksamaantarasiswasatudenganyanglain.Faktorutamaadalahintelegensidanlatarbelakangsiswayangberagam.Selainitudayaserapterhadapmateripelajaranantarasiswasatudengansiwayanglaintidaksamasehinggamempengaruhihasilbelajaryangdicapai.Olehkarenaituguruperlualternatifmodelpembelajaranuntukmengatasikeberagamankarakteristiksiswatersebut.AdapunmodelpembelajaranyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahmodelTeamAssistedIndividualization(TAI).ModelTAIdirancangsebagaimodelpembelajaranyangdikombinasikanpembelajaranindividudenganpembelajarankooperatif.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadaphasilbelajargeografiKelasVIISMPNegeri8MalangTahunAjaran2010/2011.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)dengandesainpenelitianpretest-postestcontrolgroupdesign.SubjekdalampenelitianiniadaduakelasyaitukelasVIICsebagaikelaseksperimendankelasVIIDsebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatespilihangandayangdigunakanuntukpratesdanpascates.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelaseksperimenyangdalamprosespembelajarannyamenggunakanmodelTeamAssistedIndividualization(TAI)dengankelaskontrolyangtanpaperlakuanmodel.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratakelaseksperimen(3284)lebihtinggidibandingkandenganrata-ratakelaskontrol(2545).Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasignifikasisebesar0.002lebihkecildibandingkan945tabelsebesar005.DarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelTeamAssistedIndividualization(TAI)berpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasVIISMPNegeri8MalangTahunAjaran2010/2011.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanmodelTAIsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Selainituuntukpenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengaturpengelolaanwaktuagarsemuakegiatanpembelajarandapatterlaksanadenganbaik.