Hubungan antara tingkat keseringan belajar dan cara belajar dengan prestasi belajarmata pelajaran geografi siswa kelas 2 semester 1 SLTP Negeri 4 Malang oleh Zuhaidah

Main Author: Zuhaidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/99762/
Daftar Isi:
  • Dalamprosesbelajarmengajarhalutamayangingindicapaiolehsiswaadalahpeningkatanprestasibelajaratauhasilbelajarsiswa.Keberhasilantersebutadalahtergantungdariusahadankeaktifansiswaitusendiriuntukmeningkatkanprestasbielajar.Faklorinternyangdiperkirakanhubungandenganprestasibelajarsiswadiantaranyaadalahtingkatkeseringanbelajardancarabelajarsiswa.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahuil)hubunganantaratingkatkeseringanbelajardenganprestasibelajarmatapelajaranGeografsiiswakelas2semesterIdiSLTPNegeri4Malang2)HubunganantaracuabelajardenganprestasibelajarmataplajaranGeografisiswakelas2semesterIdiSLTPNegeri4Malang3)Hubunganantaratingkatkeseringanbelajardancarabelajarsecarabersama-samdaenganprestasibelajarmatapelajaranGeografisiswakelas2semesterIdiSLTPNegeri4Malang.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatifyangbersifatkorelasional.Penelitiandirancangmenggunakanrancangansurvey.Metodeyangdigunakanadalahmetodesurvey.InstrumenpenelitianmenggunakanangketdandokumentasisedangkananalisisdatadenganujikorelasiproductmomentdankorelasilinearbergandaJ.umlahsampelyangdiambilsebanyak100siswadaripopulasisebesar260siswa.SampeldiambilsecaraproportionalrandomsamplingdanuntukteknikpenentuanrespondenmenggunakansysetmaticrandomsampIing.Hasilpenelitianmenunjukkanl)TerdapathubunganpositifyangsignifikanantaratingkatkeseringanbelajardenganprestasibelajarmatapelajaranGeografisiswakelas2semester1diSLTPNegeri4Malang2)TerdapathubunganpositifdansigrifikanantarccarabelajardenganprestasibelajarmatapelajaranGeografisiswakelas2semesteIrdiSLTPNegeri4Malang3)TerdapahtubunganpositifdansignifikansecarasimultanantaratingkatkeseringanbelajardancarabelajardenganhasilbelajarmatapelajaranGeografisiswakelas2semesterIdiSLTPNegeri4Malang.Bertolakdarihasilpenelitianmakasaranyangdapatdiberikanadalahl)Variabelyangpalingberpengaruhterhadapkemampuankongnitipadalahfaktoreksternalsiswa.Haliniberartikeaktifanbelajarsiswatergantungkeaklifandankeaktifitasguru.2)Kemampuankognitifsiswaperluditingkatkandengancaraberperanal-tifdidalamkelassertameningkatkankeseringanbelajar.3)Kepadapenelitiyangberminatuntukmelakukankajianataupenelitianserupadisarankanuntuklebihmemperluacsakupanvariabel.