Pengaruh penggunaan metode diskusi dan ceramah terhadap nilai siswa dalam pelajaran geografi sub pokok bahasan lahan potensial dan laha kritis di kelas I MAN Ponorogo oleh Agus Setiyono

Main Author: Setiyono, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/99752/
Daftar Isi:
  • Perbedaanrnetodepembelajarasnangabterpengaruphadakeberhaslainbelajasriswa.Untukmengetahuleibihbaikmanametodediskusidanceramahperludiadakaenksperimenmetodepembelajaratnerhadapsuatumateripelajaran.PenelitiainnibertujuanuntukmengetahuteibihbaikmananilaisiswayangdiajardenganmetodediskusidanceramahterhadapmateriGeografisubpokokBahasanLahanPotensiadlanLahanKritisdikelasIMANIponorogodenganharapanbisadigunakasnebagaailternatifpembelajaragneografi.Datanilaihasilbelajardiskusdianceramayhangdigunakadnalampenelitianinidiperolehdenganpelaksanaantestsebelumdansesudahdiajarkan.PenelitianinidilakukandikelasIMANIPonorogopadabulanjuni2003Rancangapnenelitianberbentukeksperimenterdiridariduakelompokmasingmasingdiberipelajaradnenganmetodepelajaraynangberbeda.KelompokXdiberipelajarandenganrnetodediskusidankelompokYdiberipelajarandenganmetodeceramah.Analisisyangdigunakanadalahanalisist-test.Datayangdigunakanadalahnilaiperolehansiswayangdiambildariselisihnilaipostesdanpretes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodediskusilebihbaikdibandingkandenganrnetodeceramahdengannilaithitung280sedangnilaitabelpadatarafsignifikans5io/odanderajadkebebasa1n9adalah20.9BerdasarkahnasilpenelitiandisarankaangarpembacayangaktivitasnyadilembagapendidikandalamprosespembelajaraGneografimenggunakamnetodediskuskihususnypaadaSubPokokBahasaLnahanpotensiadlanLahanKritisdandr.yadikarunjukandalampenelitianlanjutan.iil