Pengaruh penggunaan metode diskusi dan ceramah terhadap nilai siswa dalam pelajaran geografi sub pokok bahasan lahan potensial dan laha kritis di kelas I MAN Ponorogo oleh Agus Setiyono
Main Author: | Setiyono, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99752/ |
Daftar Isi:
- Perbedaanrnetodepembelajarasnangabterpengaruphadakeberhaslainbelajasriswa.Untukmengetahuleibihbaikmanametodediskusidanceramahperludiadakaenksperimenmetodepembelajaratnerhadapsuatumateripelajaran.PenelitiainnibertujuanuntukmengetahuteibihbaikmananilaisiswayangdiajardenganmetodediskusidanceramahterhadapmateriGeografisubpokokBahasanLahanPotensiadlanLahanKritisdikelasIMANIponorogodenganharapanbisadigunakasnebagaailternatifpembelajaragneografi.Datanilaihasilbelajardiskusdianceramayhangdigunakadnalampenelitianinidiperolehdenganpelaksanaantestsebelumdansesudahdiajarkan.PenelitianinidilakukandikelasIMANIPonorogopadabulanjuni2003Rancangapnenelitianberbentukeksperimenterdiridariduakelompokmasingmasingdiberipelajaradnenganmetodepelajaraynangberbeda.KelompokXdiberipelajarandenganrnetodediskusidankelompokYdiberipelajarandenganmetodeceramah.Analisisyangdigunakanadalahanalisist-test.Datayangdigunakanadalahnilaiperolehansiswayangdiambildariselisihnilaipostesdanpretes.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwametodediskusilebihbaikdibandingkandenganrnetodeceramahdengannilaithitung280sedangnilaitabelpadatarafsignifikans5io/odanderajadkebebasa1n9adalah20.9BerdasarkahnasilpenelitiandisarankaangarpembacayangaktivitasnyadilembagapendidikandalamprosespembelajaraGneografimenggunakamnetodediskuskihususnypaadaSubPokokBahasaLnahanpotensiadlanLahanKritisdandr.yadikarunjukandalampenelitianlanjutan.iil