Perbedaan hasil belajar antara pengguna model Group Investigation (GI) dan pengguna cara konvensional pada kompetensi dasar menganalisis fomena antroposfer di SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo / Mita Ratnasari
Main Author: | Ratnasari, Mita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99703/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRatnasariMita.PerbedaanHasilBelajarAntaraPenggunaanModelGroupInvestigation(GI)danPenggunaanCaraKonvensionalpadaKompetensiDasarMenganalisisFenomenaAntroposferDiSMANegeri1BadeganPonorogo.JurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)BudiHandoyoM.Pd(2)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.KataKunciModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)HasilBelajarPembelajaranmerupakanaktualisasikurikulumyangmenuntutkeaktifangurudalammenciptakandanmenumbuhkankegiatanpesertadidiksesuaidenganrencanayangtelahdiprogramkan.Dalamprosespembelajaranpemilihansuatumodelsangatmenentukankualitaspembelajaran.Salahsatupendekatanpembelajaranyangmelibatkansiswaaktifadalahpembelajaranyangbersifatkonstruktivis.Modelpembelajaranyangdipiliholehguruharusdisesuaikandenganmateriyangdisampaikan.DalampembelajarankooperatifModelGroupInvestigation(GI)inisiswadilatihmelakukananalisissintesisdanmengumpulkaninformasiyangdiperlukandalamprosesbelajardenganguruhanyasebagafasilitator.PenelitianinibertujuanuntukmenganalisisperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmenggunakanmodelGroupInvestigation(GI)dengansiswayangdiajarkanmenggunakanstrategikonvensionalpadakompetensidasarMenganalisisFenomenaAntroposferdiSMANegeri1Badegan.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimen)denganmengambilsubjekpenelitianeksperimenyaitukelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS2sebagaikelaskontrol.InstrumentpenelitianberupatesuraianuntukpratestdanpretestyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS14.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankontrol.Hasilanalisisdatamengatakanbahwahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar40952sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-rata35625dengannilaiprobabilitas(Sig)0015.Olehkarenanilaiprobabilitas005makaHoditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanpenerapanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajargeografisiswapadaKompetensiDasarMenganalisisAntroposfer.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagigurugeografidapatmenggunakanmodelGroupInvestigation(GI)sebagaialternativedalammerencanakanprosespembelajarankarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmegembangkanpenelitiandenganmodelGroupInvestigation(GI)padamateriselainmateriAntroposfer.