Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu (twi stay two stray) terhadap hasil belajar geografi sisw kelas VII SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung / Ria Titis Susantika
Main Author: | Susantika, Ria Titis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99690/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSusantikaRiaTitis.2009.PengaruhPenerapanPembelajaranKooperatifModelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)terhadapHasilBelajarGeografiSiswaKelasVIISMPNegeri1BandungTulungagung.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwantoM.Pd(II)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.KatakunciPembelajaranKooperatifModelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)hasilbelajar.Pendidikanmerupakansalahsatuukurankualitaskehidupanbangsakarenatingkatpendidikandapatmenunjukkankualitassumberdayamanusiayangdimiliki.SaatinipendidikandiIndonesiamengalamiperubahanmenujuperbaikan.Bentukusahatersebutadalahperubahankurikulum.PerubahanparadigmapembelajarandariKurikulum2004menjadiKTSPadalahorientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadaguru(teachercentered)beralihberpusatpadamurid(studentcentered).Pembaharuanprosespendidikanumumnyadititikberatkanpadametodemengajar.PendekatanpembelajaranyangsesuaidenganKTSPadalahpembelajarankonstruktivistikdimanasiswadituntutberperanaktifdalampembelajarandanpendekatanpembelajaranyangberorientasipadakonstruktivisadalahpembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajarankooperatifadalahDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajarankooperatifmodelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)terhadaphasilbelajargeografisiswakelasVIISMPNegeri1BandungTulungagung.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimental)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasVII-FsebagaikelaseksperimendankelasVII-Esebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratestdanpascatest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-ttidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS13.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Darianalisisdatadiketahuibahwarata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimensebesar1963sedangkanpadakelaskontrolsebesar1167dengannilaiprobabilitas(sig)0000.Dengandemikiannilaiprobabilitas0000005makaHoditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)berpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswakelasVIISMPNegeri1BandungTulungagung.DisarankanbagigurugeografidapatmenggunakanmodelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)sebagaialternatifdalammerencanakanprosespembalajarankarenadapatmeningkatkanhasilbalajarsiswa.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengembangkanpenelitiandenganmodelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)padamateriselainpolapermukimanpendudukpenggunaanlahandanpolapermukimanberdasarkankondisifisikpermukaanbumi.