Penerapan pembelajaran kooperatif stad (Student teams-achievement divisions) untuk menongkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa mata pelajaran IPS geografi materi atmosfer di kelas VII-A SMPN 17 Malang / Yuli Ifana Sari
Main Author: | Sari, Yuli Ifana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99688/ |
Daftar Isi:
- SariYuliIfana.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)untukMeningkatkanHasilBelajardanAktivitasSiswaMataPelajaranIPSGeografiMateriAtmosferdiKelasVII-ASMPN17Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Ach.FatchanM.Pd.M.P(II)Drs.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.SiKataKuncipembelajarankooperatifmodelSTADhasilbelajardanaktivitassiswa.BerdasarkanhasilwawancaradanobservasilangsungdiketahuibahwahasilbelajarsiswakelasVII-ASMPNegeri17Malangcukuprendah.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratakelasVII-AuntukmatapelajaranGeografisebesar515.Hasilbelajaryangrendahinidisebabkanolehbeberapafaktorantaralainmodelpembelajaranyangmasihdidominasiolehguru.Akibatnyasiswamenjadipasifdantidakkreatif.Selainituminatsiswauntukmengikutiprosespembelajaranmasihrendah.Padasaatprosesbelajarmengajarsiswaseringtidakmemperhatikanpenjelasangurumerekamengobroldengantemansebangkusertatidakditunjangdenganfasilitasbelajaryangbaik.BerdasarkanpermasalahantersebutmakadalampenelitianditerapkanmodelpembelajaranSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions).STADmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmelatihsiswauntukbekerjasamadanmemungkinkansiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajaranmisalnyasiswaaktifbertanyamengerjakanLKSdantugasyanglainnya.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungdalamseluruhprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporan.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasVII-ASMPNegeri17Malangdenganjumlahsiswa41orangpadamateripokokAtmosfer.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatdaripresentasepeningkatannilairata-ratatesakhirsetiapsiklusyaitudarisiklusIkesiklusIImasing-masingnilainya6115dan77sertamengalamipeningkatannilaihasilbelajarsebesar1585darisiklusIkesiklusII.TercapainyahasilbelajaryangmeningkatpadasiklusIIditunjangolehaktivitasbelajaryangbaik.DimanapresentaseketercapaianaktivitasbelajarsiswapadasiklusIrata-rata46%danmeningkatmenjadi704%padasiklusII.SehinggadapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasebesar244%.