Penerapan model pembelajaran peta pikiran (Mind map) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII D semester II di SMPN 17 Malang (Materi atmosfer dan hidrosfer) / Windha Puspa Yastama
Main Author: | Yastama, Windha Puspa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/99686/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYastamaWindhaPuspa.2009.PenerapanModelPembelajaranPetaPikiran(MindMap)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranIPSGeografiKelasVIIDSemesterIIdiSMPNegeri17Malang(MateriAtmosferdanHidrosfer).SkripsiJurusanPendidikanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.Katakuncipetapikiranhasilbelajar.Ketikadilakukanobservasipadatanggal20Januari2009metodepembelajaranIPSGeografiyangdilakukanolehgurumatapelajarankelasVIIDdiSMPNegeri17Malangadalahceramahtanyajawabdanpenugasan.Kegiatansiswapadasaatpembelajaranadalahmendengarkanpenjelasangurudanmencatatmateri.Siswatidakmemilikibukupenunjangsehinggaharusmencatatmaterihalitumenyebabkansiswaseringkeluarkelasdantidakmencatatmaterikarenacapekmencatatmateriyangbanyak.Hasilbelajarsiswajugarendahrata-ratanyayaitu545.JumlahitukurangdaristandarketuntasanminimalSKMuntukmatapelajaranIPSGeografidiSMPNegeri17Malangsebesar65.Hasilbelajartersebutperludiperbaikidenganmenerapkanpembelajaranpetapikirankarenapetapikiranmerupakanteknikmencatatyangkreatifsehinggasiswamendapatkanpembelajaranyangberbedadancatatansiswalebihringkasdanmenarik.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranpetapikiran.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanApril2009.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIIDyangberjumlah38siswaSMPNegeri17Malang.Penelitianinidilakukandalam2siklusteknikpengumpulandatamelaluites.Analisisdatadilakukansecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakansebesar545padasiklus1meningkatmenjadi609danpadasiklus2meningkatmenjadi757.Ketuntasanbelajarjugameningkatpadasiklus1sebesar56%padasiklus2menjadi82%.Berdasarkanhasilpenelitianmakadisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranpetapikirandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PembelajaranpetapikiransebaiknyaditerapkanolehguruIPSGeografikarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasedangkanbagisiswadapatdibiasakanmenerapkanpetapikiranpadaprosespembelajaranatausaatbelajardirumahuntukmeningkatkanpemahamandandayaingatterhadapmateripelajaran.