Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri I Kabuh / Ari Setya Sukarsih

Main Author: Ari Setya Sukarsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/99642/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangtelahdilakukandiSMPNegeriIKabuhpadatanggal29Maret2007dengangurugeografikelasVIIIaktivitassiswaselamamengikutipelajaransangatkurang.Haliniterbuktiwaktuprosespelajaranberlangsungdenganwaktu2x45menithanyaduaorangsajayangbertanyasedangkanyanglainnyahanyamendengarkandantidakmemperlihatkankeantusiasanbelajar.Matapelajarangeografimasihdianggappelajaranyangmembosankandantidakmenarikbagisiswa.Haliniditunjukkandenganbanyaknyasiswayangmengantukpadasaatprosespembelajaran.Bukupeganganyangdigunakanhanyasatubukugeografi.Selainitugurumasihseringmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabatauceramahbervariasidalamprosespembelajarandanmetodepembelajaranyangdigunakanmasihkurangvariatif.Denganadanyamasalahtersebutperludilakukanvariasimodelpembelajaranagarsiswamerasasenangdanaktifsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajargeografi.TujuanpenelitianiniyaituuntukmendeskripsikanapakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajargeografisiswakelasVIIISMPNegeriIKabuh.DaripenelitianyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.Peningkatanaktivitasbelajarditunjukkandenganpeningkatanaktivitasbelajardenganrata-rataskor508padasiklusImenjadi751padasiklusII.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Hasilbelajarsiswadalampenelitianinidilihatdariaspekkognitifdanaspekafektif.Padaaspekkognitifpeningkatanhasilbelajarsiswadapatdilihatdarihasiltesdenganrata-rataskor7767padasiklusImenjadi8767padasiklusII.Sedangkanpadaaspekafektifrata-rataskorsiswajugamengalamipeningkatandari716padasiklusImenjadi956padasiklusIIDaripenelitianyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwadenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajargeografisiswakelasVIIISMPNegeriIKabuh.UntukitupenelitimenyarankanparagurugeografiuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTGTsebagaimodelalternatifdalampembelajarangeografiuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadanbagipenelitilaindapatmelakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdalampembelajarangeografidenganpokokbahasanyanglain.