Pengaruh model latihan permainan lari dan loncat terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita kelas III di SDLB N Kedung Kandang Kota Malang / Davit Eko Saputro

Main Author: Saputro, Davit Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/99266/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaputroDavitEko.2016.PengaruhModelLatihanPermainanLaridanLoncatTerhadapPeningkatanGerakDasarLokomotorAnakTunagrahitaKelasIIIdiSDLBNKedungKandangKotaMalang.SkripsiJurusanIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SlametRaharjoM.Or.(II)Dr.SaptoAdiM.Kes.KataKuncimodellatihanpermainantunagrahitakemampuanlaridanloncatTunagrahitaadalahanakyangmengalamigangguanpadamentaldanperkembanganmotoriknya.Padaperkembangananakbaikanaknormalmaupunanakberkebutuhankhususharusdapatmenguasigerakdasarlokomotordenganbaikterutamageraklaridanloncat.DiSDLBNKedungKandangdalambidangolahragakhususnyaanaktunagrahitaadamasalahdalamketerampilangeraklaridanloncat.Karenakurangnyavariasidalamlatihanyangdiberikansehinggaanaktunagrahitakurangtertarik.Salahsatucarauntukmeningkatkangeraklaridanloncatmakapenelitimemberikanlatihanpermainandengan10modellatihanlaridanloncat.TujuandarilatihaniniuntukmengetahuipengaruhmodellatihanpermainanlaridanloncatterhadappeningkatangerakdasarlokomotorlaridanloncatpadaanaktunagrahitakelasIIIdiSDLBNKedungKandangKotaMalang.MetodeyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanmetodeSingleSubjekReseach(SSR)yangtermasukdalampenelitianeksperimen.Sampelyangdigunakansebanyak1orangyangdiberiperlakuanpadafasebaseline(A)5sesidanfaseintervensi(B)5sesi.Instrumenyangdigunakanuntukmengetahuikemampuanlaridanloncatadalah1)teslari40muntukanaktunagrahitaumur10-12th2)tesloncattegakuntukanaktunagrahitaumur10-12th.Berdasarkananalisisdatayangdilakukandiperolehhasilpadafasebaseline(A)kemampuanlaridanloncatsamayaitu20%danpadafaseintervensi(B)kemampuanlaridanloncatmeningkatyaitu40%.Kecenderunganarahjugamenunjukkanstabilpadakeduafaseperubahanarahdanefeknyayaitustabildanefeknyamenunjukkanpositif()perubahanleveldarifasebaseline(A)kefaseintervensi(B)adalahsebesar40%danpresentaseoverlapmenunjukanangka0%.Menunjukkanbahwaadapengaruhintervensiterhadaptargetbehavior.BerdasarkanpenelitianyangsudahdilakukandapatdisimpulkanadapengaruhdarimodellatihanpermainanlaridanloncatterhadappeningkatangerakdasarlokomotorlaridanloncatuntukanaktunagrahitakelasIIIdiSDLBNKendungKandangKotaMalang.HasilpenelitianinidapatdigunakansebagaivariasibarudalammelatihataumengajarkhususnyapeningkatangeraklaridanloncatpadaanaktunagrahitakelasIIISDLB.