Peningkatan keterampilan passing menggunakan metode permainan bagi siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMK Negeri 6 Kota Malang / M. Reswa Anggra Kusuma

Main Author: Kusuma, M. Reswa Anggra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/99224/
Daftar Isi:
  • KusumaM.ResaAnggra.2014.PeningkatanKeterampilanPassingMenggunakanMetodePermainanBagiSiswaPesertaEkstrakurikulerSepakbolaDiSMKNegeri6Malang.SkripsiJurusanIlmuKeolahragaanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)INengahSudjanaS.Pd.M.Pd.(II)Dr.SaichudinM.Kes.KataKuncipeningkatanketerampilanpassingsepakbolapermainan12288122881228812288Passingadalahmerupakanteknikdasardaripermainansepakbola.Perananpassingsangatpentingdalampermainansepakboladikarenakanduaalasanpertamakesempatanmengolahbolasehinggamembuatdaerahpertahananlawanterbukakeduamempertahankanbolaagartetapberadadalampenguasaantim.Jikakondisitersebutterjadimakakendalipermainandapatdikuasai.Passingyangakuratdantepatakanmemberikanpeluangterjadinyagolbagitim.BerdasarkanhasilobservasiawaldiketahuibahwaketerampilanpassingsepakboladiekstrakurikulerSMKNegeri6Malangmasihbelummaksimaldanbanyakkekurangan.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanketerampilanteknikpassingsiswapesertaekstrakurikulersepakbolaSMKNegeri6Malangdenganmenggunakanmetodepermainan.Instrumendalampenelitianiniadalahlembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.12288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanOlahraga(PTO)denganpendekatandeskriptifkuantitatifdandeskriptifkualitatif.Pelaksanaanpenelitianinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Subyekdalampenelitianiniadalah24siswapesertaekstrakurikulersepakbolaSMKNegeri6Malang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan).Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidenganpelatihmerencanakanprogramlatihanyangberlangsungselama2siklus.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukanbahwaketerampilanpassingsiswapesertaektrakurikulersepakbolamengalamipeningkatan.HasiltindakansiklusIdiketahuisebagaiberikut(1)Badansedikitcondongkedepansaatmenendangbolasudahbenardilakukansebanyak12siswaatau54%(2)pandanganmatakearahboladanselanjutnyakearahsasaranpassingsudahbenardilakukansebanyak10siswaatau46%(3)salahsatukakitumpusejajardenganbolasudahbenardilakukansebanyak10siswaatau46%(4)salahsatuyangmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak16siswaatau73%(5)perkenaanpadabolamenggunakankakibagiandalamsudahbenardilakukansebanyak14siswaatau64%(6)perkenaantepatpadabagiantengahbola13siswaatau59%.12288122881228812288HasiltindakansiklusIIdiketahuisebagaiberikut(1)Badansedikitcondongkedepansaatmenendangbolasudahbenardilakukansebanyak18siswaatau75%(2)pandanganmatakearahboladanselanjutnyakearahsasaranpassingsudahbenardilakukansebanyak17siswaatau71%(3)salahsatukakitumpusejajardenganbolasudahbenardilakukansebanyak17siswaatau71%(4)salahsatuyangmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak21siswaatau88%(5)perkenaanpadabolamenggunakankakibagiandalamsudahbenardilakukansebanyak22siswaatau91%(6)perkenaantepatpadabagiantengahbola19siswaatau80%.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaketerampilanpassingsepakboladenganmenggunakanmetodepermainandapatmeningkatkanketerampilanpassingsiswapesertaekstrakurikulersepakbolaSMKNegeri6Malang.Disarankankepadapelatihuntukmenggunakanhasilpenelitianberupametodepermainanuntukdapatmeningkatkanketerampilanpassingsepakbolasiswa.