Karakteristik bahasa Indonesia dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Hendrik Selly

Main Author: Selly, Hendrik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9824/
Daftar Isi:
  • Sellyhendrik.2014.KarakteristikBahasaIndonesiaDalamTeksBeritaSiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangTahunAjaran2013/2014SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Suyono.MPd.KatakuncibahasaIndonesiateksberita12288122881228812288Pembelajaranmerupakansuatukegiatanatauupayamembantuparasiswamengembangkankemampuanpengetahuandanketerampilandalamsuatubidangtertentu.Pembelajaranmembutuhkaninteraksiantaragurudansiswasehinggadalaminteraksitersebutgurudapatmelakukankegiatanyangdisebutmengajarsedangkansiswamelakukaninteraksikegiatanyangdisebutbelajar.SecaraumumtujuanpembelajaranbahasaIndonesiaadalahagarpesertadidikmemilikikemampuanberbahasa.Beberapakemampuanberbahasatersebutyakni(1)berkomunikasisecaraefektifdanefisiensesuaidenganetikayangberlakubaiklisanmaupuntulisan(2)menghargaidanbanggamenggunakanbahasaIndonesiadisekolahsebagaibahasapersatuan(3)memahamibahasaIndonesiadanmenggunakandengantepatdankreatifuntukberbagaitujuan(4)menggunakanbahasaIndonesiauntukkemampuanintelektualsertakematanganemosi(5)menikmatidanmemanfaatkankaryasastrauntukmemperluaswawasanmemperhalusbudipekertisertameningkatkanpengetahuandankemampuanberbahasa.SecaraumumtujuanpenelitianiniadalahkarakteristikbahasaIndonesiadalamteksberitasiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtahunpelajaran2013/2014.Tujuaninidirincisebagaiberikut1)mendeskripsikankarakteristikpilihankatadalamteksberitasiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang2)mendeskripsikankarakteristikpengembangankalimatsiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang3)mendeskripsikankarakteristikpengembanganparagrafsiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang4)mendeskripsikankarakteristikpenggunaanejaandantandabacasiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.1228812288Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptif.Metodepenelitiandeskriptifmemusatkanperhatianpadapenemuanfakta-fakta(factFanding)yangditemukanpadakeadaansebenarnya.Selainiturancanganyangdigunakandalampenelitianiniyaknipendekatandeskriptifkualitatifdimanahasilpenelitiantersebutberupakata-kataataupernyataan-pernyataan(yangdiperolehmelaluiobservasidantes)datatersebutdianalisisdengantujuanuntukmenemukanmaknadibalikberbagaigejala/peristiwayangtampak.Instrumenpenelitianyangdigunakandalamprosespenelitianyaknitestulisberupatulisanberitasiswa.Berdasarkanpenelitianditemukanpenggunaanpilihankatadarikeseluruhandatayangditelitipilihankatayangseringdigunakansiswadalammenulisberitabervariatifdandirincisebagaiberikut(1)maknadenotatifdankonotatifterdapat15kata(2)maknaumumdanmaknakhususterdapat11kata(3)kataabstrakdankatakonkretterdapat16kata(4)penggunaankatabersinonimterdapat5kata(5)katailmiahdankatapopularterdapat9kata.Berdasarkantemuandatadiketahuibahwapilihankatayangdigunakansiswadalammenulisteksberitapalingbanyakdigunakanadalahkata(denotatifdankonotatif)dalammenulisberita.Paparandatapenggunaanpilihankatadalammenulisberitasiswadapatdisimpulkansiswalebihcenderungmenggunakanpilihankatayangdigunakandalammenulisteksberita.Hasilpaparandatamenunjukanbentukkalimatyangdigunakansiswaadalahkalimatsederhana.Kalimatyangdigunakanpunbervariasiditemukan(lima)kalimattidaklengkaptidakdidapatiunsuryangmelekat(lima)kalimatlengkapyangdisertaiunsur(lima)kalimatsederhanakalimatsusuntertib(lima)dankalimatsusunterbalik(empat)kalimat.Kalimat-kalimatinididapatisetelahdatahasilkerjasiswaberupateksberitaditelitidananalisisolehpeneliti.Daritemuandatayangditelitiparagrafdalamteksberitaditemukanbervariatifterdapat(tigabelas)kutipankesatuanberitadalamparagraf(empatbelas)kutipankepaduanberitadalamparagrafdan(delapan)kutipanberitadalamkelengkapanparagraf.Penggunaanejaandalamtulisanberitasiswadaridatayangtelahditelitididapatisiswakurangmemahamipenggunaanejaandantandabacadalammenulisberita.Seharusnyasiswalebihpahambetulcarapenggunaanajaandantandabacasehinggadalampenulisankalimatpenempatanejaandantandabacatepatpadasasarannya.