Pengaruh e-wom terhadap minat beli melalui kepercayaan online pada pengguna marketplace Blibli.com / Chandra Rizky Rakhmawan
Main Author: | Rakhmawan, Chandra Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/97183/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRakhmawanChandraRizky.2019.PengaruhE-WomTerhadapMinatBeliMelaluiKepercayaanOnlinePadaPenggunaMarketplaceBlibli.com.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.Moh.Hari.M.SiKataKunciE-WomMinatBeliKepercayaanOnline.Salahsatumarketplaceyangsedangberkembangpesatdiduniae-commerceIndonesiaadalahBlibli.com.Aplikasiinimerupakantempatbelanjaonlineyanglebihfokuspadaplatformmobile.Cakupanpasardariberbisnismelaluiinternetinijugasangatluaskarenadarimasing-masingdaerahdapatmelihatiklanyangtelahdiunggaholehsiapasaja.Sehinggaseseorangyanghanyasekedarmelihatbeberapaiklanyangsudahmunculdaniklantersebutdirasamenarikdandipercayaakanmembuatminatbeliseseorangterbentuk.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanadeskripsiE-WomminatbelidankepercayaanpadaBlibli.com.SelainitujugaapakahterdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikanE-Womterhadapminatbelidankepercayaanonline.KemudianapakahterdapatpengaruhsecaralangsungdansignifikankepercayaanonlineterhadapminatbelipadaBlibli.com.SertaapakahterdapatpengaruhtidaklangsungE-WomterhadapminatbelimelaluikepercayaanpadaBlibli.com.PopulasidalampenelitianiniadalahpenggunasitusbelanjaonlineBlibli.com.SampeldalampenelitianiniadalahsampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahcalonkonsumenBlibli.comyangbelumpernahmelakukantransaksimelaluiBlili.comnamunberminatuntukmelakukantransaksimelaluiBlibli.comyangberjumlah152responden.Teknikpengambilansampeldalampenelitianiniyaituteknikpurposivesampling.Teknikanalisisyangdigunakandalampenelitianiniyaituteknikanalisisstatistikdeskriptifdanteknikanalisisjalur.HasilpenelitianinimenyimpulkanbahwaE-WomdiBlibli.comdinilaibaikolehsebagianbesarresponden.DalamhalinirespondenmengakuibahwakomentaryangdiberikanparakonsumendiBlibli.comadalahbenardandapatmenjadirujukanbagikonsumenlainnya.SelainituE-Womberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatbelidankepercayaanonline.KemudianKepercayaanOnlineberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatbelipadaBlibli.comdimanakepercayaanonlineberhasilmenciptakanminatbelipadacalonkonsumennyasertaE-WommempunyaipengaruhsecaratidaklangsungterhadapminatbelimelaluikepercayaanonlinepadacalonkonsumenBlibli.com.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadapihakmanajemenBlibli.comdapatmemberikanhimbauanpadakonsumenagardapatmemberikankomentaryangsebenarnyamelakukanpeningkatandalammengontroldanmemperbaikicarapenjualandanlebihmemfokuskanpadakeunggulan-keunggulanyangdiberikanBlibli.compadakonsumennya.SaranbagipenelitiselanjutnyaadalahagarmelakukanpengembanganpenelitianseberapajauhpengaruhE-WomterhadapminatbelimemaluiperceivedriskataupengaruhE-Womterhadaployaltymelaluikepercayaanonline.ABSTRACTRakhmawanRizkyChandra.2019.TheEffectofE-WomAgainstPurchaseIntentionThroughOnlineTrustInUsersMarketplaceBlibli.com.SarjanasThesisDepartmentofManagementFacultyofEconomicsUniversitasNegeriMalang.AdvisorDrs.Moh.Hari.M.SiKeywordsE-WomPurchaseIntentionOnlineTrust.Oneofthemarketplacethataregrowingrapidlyintheworldofe-commerceIndonesiaisBlibli.com.Thisapplicationisanonlineshoppingplacethatismorefocusedonthemobileplatform.Marketcoverageofdoingbusinessovertheinternetisalsoverywidelybecauseofeachareacanseetheadsthathavebeenuploadedbyanyone.Sosomeonewhojustsawafewadsthathavealreadyappearedandtheadisconsideredattractiveandbelievedtomakesomeonebuyinginterestisformed.ThepurposeofthisstudywastodeterminethehowthedescriptionsofE-WompurchaseintentionandonlinetrustinBlibli.com.InadditionwhetherthereisadirectandsignificantinfluenceE-Womagainstpurchaseintentionandonlinetrust.ThenifthereisadirectandsignificantinfluenceontheonlinetrustagainstpurchaseintentioninBlibli.com.AswellaswhetherthereisanindirecteffectofE-WomagainstpurchaseintentionthroughaonlinetrustinBlibli.com.ThepopulationinthisstudyistheonlineshoppingsiteBlibli.com.ThesampleinthisresearchissamplesusedinthisstudyisaprospectiveconsumerBlibli.comwhohaveneverconducttransactionsviaBlibli.combutareinterestedindoingtransactionsthroughwhichamountedto152respondentsBlibli.com.Thesamplingtechniqueinthisresearchispurposivesamplingtechnique.Theanalysistechniqueusedinthisresearchisdescriptivestatisticalanalysistechniquesandpathanalysistechniques.TheresultsofthisstudyconcludedthatE-WomTheBlibli.comratedexcellentbymostrespondents.InthiscasetherespondentsadmittedthatthecommentsoftheconsumersinBlibli.comistrueandcanbeareferenceforothercustomersotherthanthatE-Wompositiveandsignificantimpactonpurchaseintentionandonlinetrust.ThenOnlineTrustpositiveandsignificantimpactonpurchaseintentioninBlibli.comwhichsucceededincreatingonlinetrustbuyinginterestinprospectivecustomersaswellasE-WomindirectlyhaveaneffectonpurchaseintentionthroughonlinetrustinprospectivecustomersBlibli.com.BasedontheresearchresultssuggestedtothemanagementBlibli.comcangivethecallforconsumerstobeabletoprovidetheactualcommentsmadevastimprovementsincontrolandimprovethewaysalesandfocusesmoreontheadvantagesgiventotheconsumerBlibli.comSuggestionsforfurtherresearcharetoconductresearchhowmuchinfluencethedevelopmentofE-WomagainsttheperceivedriskofpurchaseintentionagainstorE-Wominfluenceonloyaltythroughonlinetrust.