Pengaruh budaya organisasi dan knowledge management terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja pegawai variabel intervening pada pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya / Amrizal Arif
Main Author: | Arif, Amrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/97091/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArifAmrizal.2019.PengaruhBudayaOrganisasidanKnowledgeManagementterhadapKinerjaPegawaidenganKepuasanKerjaPegawaisebagaiVariabelInterveningpadaPegawaiKantorPusatPTPelabuhanIndonesiaIII(Persero)Surabaya.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SyihabudhinS.E.M.Si.KataKuncibudayaorganisasiknowledgemanagementkepuasankerjakinerjapegawaiKetatnyapersainganusahasaatinimenuntutseluruhperusahaanuntukmampumengelolabisnisnyadengantepat.SalahsatuassetyangpentingdalambisnisadalahSumberDayaManusia(SDM).Untukmenjagaassetinisalahsatunyadenganmengembangkanbudayaorganisasidanknowledgemanagementdidalamperusahaan.PTPelabuhanIndonesiaIII(Persero)merupakansalahsatuBUMNyangterusmemperhatikanhaltersebutdenganmemilikitiganilaiintibudayaorganisasiyaitucostumerfocuscaredanintegritysertaselalumeningkatkanpengetahuanpegawainyadiharapkandapatmeningkatkankinerjapegawaisertakepuasanpegawainya.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui1)BagaimanakondisikinerjapegawaikepuasankerjabudayaorganisasidanknowledgemanagementdikantorpusatPelindoIII(2)ApakahbudayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerjapegawaidikantorpusatPelindoIII(3)ApakahknowledgemanagementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerjapegawaidilingkungankerjakantorpusatPelindoIII(4)ApakahbudayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawaidikantorpusatPelindoIII(5)ApakahknowledgemanagementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawaidikantorpusatPelindoIII(6)ApakahkepuasankerjaberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawaidikantorpusatPelindoIII(7)ApakahkepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningyangsignifikanpadapengaruhbudayaorganisasiterhadapkinerjapegawaidikantorpusatPelindoIII(8)ApakahkepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningyangsignifikanpadapengaruhknowledgemanagementterhadapkinerjapegawaidikantorpusatPelindoIII.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisjalur.AdapunpopulasiyangdigunakanpegawaipadabagianHumanCapitalandGeneralAffairDirectoratedanCommercialandOperationDirectoratedenganjumlahpegawai109orang.TekniksamplingyangdigunakanadalahProportionRandomSamplingdenganhasil86sampeldarikeduabagiantersebut.Hasilyangdiperolehdaripenelitianmenunjukanbahwa(1)BudayaorganisasidanknowledgemanagementkantorpusatPelindoIIIdikategorikansangatbaiksedangkankepuasankerjadankinerjapegawaikantorpusatPelindoIIIdikatgorikanbaik(2)Budayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerja(3)Knowledgemanagementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankerja(4)Budayaorganisasiberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai(5)KnowledgeManagementberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai(6)Kepuasankerjaberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkinerjapegawai(7)Kepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningpadapengaruhbudayaorganisasiterhadapkinerjapegawai(8)Kepuasankerjadapatmenjadivariabelinterveningpadapengaruhknowledgemanagementterhadapkinerjapegawai.SaranyangdapatdiberikanpadapihakmanajemenyaitudapatmeningkatkankepekaanterhadapsituasiyangterjadidisekitarlingkungankerjaPelindoIIImendalamikembalikesesuaianjobproceduredenganmodelbisnisyangsekarangdijalankanmelakukanevaluasiterhadapprosedurepromosijabatandanmengevaluasitargetkerjapadamasing-masingpegawaiPelindoIII.