Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shidiq Bululawang Malang / Muhammad Agus Wahyudi

Main Author: Wahyudi, Muhammad Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/97/
Daftar Isi:
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS (Think-Pair-Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP ISLAM AS SHODIQ BULULAWANG MALANG Muhammad Agus Wahyudi ABSTRAK: Hasil observasi awal pada siswa kelas VII SMP Islam As Shodiq, Kuwolu, Bululawang, Malang, diketahui bahwa: (1) Selama ini, metode yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar; (2) SMP Islam As Shodiq, Kuwolu, Bululawang, Malang, belum pernah menerapkan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shodiq, Kuwolu, Bululawang, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan, (2X40 menit) dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali tindakan (2X40 menit). Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shodiq, Bululawang, Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang memperoleh nilai A pada siklus I hanya 4 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai A berjumlah 8 siswa. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada ranah kognitif siswa dengan kriteria nilai A dengan jumlah siswa 12 anak. Pada nilai B terjadi penurunan. Siklus I, siswa yang memperoleh nilai B berjumlah 18 siswa. Nilai 4 rata-rata hasil pre tes pada siklus I adalah 48,0; pada post tes siklus I adalah 80; dan pada tes hasil belajar siswa siklus I adalah 83,46. Sedangkan nilai rata-rata hasil pre tes pada siklus I adalah 47,30; pada siklus II adalah 76,92; dan pada tes hasil belajar siswa siklus II adalah 89,23. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share, Hasil Belajar. Pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share terdiri dari tiga tahap