Penerapan pembelajaran kooperatif model Inside-Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar apresiasi dongeng siswa kelas VIIC MTSN Juwet Ngronggot Nganjuk / M.A. Yusuf Ali Azhary

Main Author: M.A. Yusuf Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9682/
Daftar Isi:
  • Kata-katakunciModelPembelajaranInside-OutsideCirclehasilbelajarpembelajaranapresiasidongeng.BerdasarkanpengamatanyangtelahdilakukanpenelitidiMTsNJuwetNgronggotNganjukdalampembelajaranBahasaIndonesiakelasVIICterutamadalammateriapresiasidongengpengajarmenggunakanmodelpembelajaranceramahdandiskusi.Modelpembelajaranceramahinitidakdapatmembangkitkanaktivitassiswadalambelajar.Halinitampakdariperilakusiswayangcenderunghanyamendengardanmencatatpelajaranyangdiberikanguru.Siswatidakmaubertanyaapalagimengemukakanpendapattentangmateriyangdiberikan.Berdasarkanpengamatantersebutmakapenelitiberusahamencarikanmodelpembelajaranlainsehinggapembelajaranlebihbermaknadanlebihberkualitas.ModelpembelajaranyangakanpeneliticobauntukmelakukannyaadalahmodelpembelajarankooperatifOutside-InsideCircle.ModelpembelajarankooperatifInside-OutsideCircledipilihkarenadalampembelajarankooperatifInside-OutsideCirclesetiapsiswadituntutuntukmenguasaimaterisecaraindividudanberpasangan.Jadidengandilakukanpembelajarantersebutsiswalebihmempunyairasatanggungjawabbaikitutanggungjawabindividumaupuntanggungjawabkelompok.JenispenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmelaksanakanperbaikanpembelajaranBahasaIndonesia.Ciripenelitiantindakankelasadalahdenganmenggunakantahapansiklus.Dalamsetiapsiklusterdiridariempattahapyakniperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIICMTsNJuwetNgronggotNganjukTahun2012/2013denganjumlahsiswa24siswa.Intrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalah(1)lembarobservasi(2)catatanlapangandan(3)rubrikpenilaianyangdigunakanuntukmenilaihasilbelajarapresiasisiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdengancaratesdokumentasiwawancaraobservasidancatatanlapangan.Teknikanalisisdatayangyangdigunakandalampenelitianiniadaduayaknidatakualitatifdandatakuantitatif.Datakualitatifteknikanalisisyangdigunakanyaitu(1)reduksidataberartimerangkummemilihhal-halyangpokokdanmemfokuskanpadahal-halyangpenting(2)penyajiandataberupauraiansingkatdan(3)kesimpulandanverifikasi.Datakuantitatifdianalisissecaradeskriptifyaknidicarinilairata-ratadanpersentasenya.ProsespenerapanmodelpembelajarankooperatifmodelInside-OutsideCircleuntukmeningkatkanhasilbelajarapresiasidongengdilakukandengancarapembentukanduakelompokbesarsiswadiaturdalamlingkaranluarlingkarandalamdansalingberhadapananggotalingkaranluarbergerakberlawananarahdengananggotakelompoklingkarandalamhinggasiswabertemudenganpasanganasal.Darikegiataninisiswamendapatpengetahuansecarakomprehensiftentangisidongengyangsudahdidengarnya.ModelpembelajaranIOCdapatmenjadikansiswayangkurangaktifmenjadiaktif.PeningkatankualitasprosespembelajaranapresiasidongengdenganpenerapanmodelpembelajaranIOCdapatdilihatdaripeningkatanpersentasepadatiap-tiapindikatorpenilaianaktivitassiswa.PeningkatankeaktifanbertanyasiswadarisiklusIkesiklusIIadalah5033%pengamatsatudanduayaitudari2083%darisiklusImenjadi7083%padasiklusII.PeningkatanpersentasekeaktifanmenjawabsiswadarisiklusIkesiklusIIadalah4167%pengamatsatudan4584%pengamatduadari3333%siklusImenjadi75%padasiklusII.PeningkatanpersentasekeseriusansiswadalampembelajarandarisiklusIkesiklusIIadalah375%pengamatsatudan21.17pengamatduadari625%siklusImenjadi100%padasiklusII.Partisipasisiswadalamkegiatanbelajar100%siklusIdansiklusII.Keantusiasandalambelajar100%siklusIdansiklusII.HasilpenerapanpembelajarankooperatifOutside-InsideCircledapatmeningkatkanhasilbelajarapresiasidongengsiswapadaaspekmenghubungkan(1)pokokpersoalanyangdihadapitokoh(2)peristiwayangdialamitokoh(3)tempatkejadiandalamdongengdan(4)pesandongengdengansituasisekarang.Peningkatantertinggiterdapatpadaaspekmenghubungkanperistiwayangdialamitokohyaitu25%peningkatantersebutterlihatpadahasilyangdiperolehdari625%(siklusI)menjadi875%(siklusII).Peningkatanberikutnyaterdapatpadaaspekmenghubungkanpesandongengyaitu167%peningkatantersebutterlihatpadahasilyangdiperolehdari583%(siklusI)menjadi75%(siklusII).Peningkatanterendahterdapatpadaaspekmenghubungkantempatkejadiandalamdongengyaitu167%peningkatantersebutterlihatpadahasilyangdiperolehdari9583%(siklusI)menjadi100%(siklusII).AspekyangtidakmengalamipeningkatanadalahmenghubungkanpokokpersoalanyangdihadapitokohbaiksiklusImaupunsiklusIIsebesar91.6%.BerdasarkantemuantersebutdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifModelInside-OutsideCircledapatmeningkatkanhasilbelajarapresiasidongeng.PeningkatantersebutdikarenakandalampembelajarankooperatifInside-OutsideCirclebisameningkatkankeaktifansiswadalampembelajaran.Untukitudisarankankepadaguruagarmenerapkanmodelpembelajarankooperatifdalamkegiatanpembelajaranapresiasidongengsupayakualitaspembelajarandapatmeningkatdanuntukpenelitilainhasilpenelitianinidapatdigunakansebagairefrensiuntukpenelitiansejenisnya.