Pengembangan media pembelajaran tutorial corel draw pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII SBI di SMP NEGERI 4 Kepanjen / Mohammad Erfan E. Z.
Main Author: | Mohammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/967/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erfan, Mohammad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Corel Draw dalam Matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SBI di SMP Negeri 4 Kepanjen, Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hj.Mardiah Munir, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Joseph Mbulu, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Tutorial, Corel Draw Media pembelajaran tutorial merupakan salah satu media pembelajaran yang memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran tutorial diharapkan mampu menyajikan pesan pembelajaran yang inovatif, efektif, dan menarik bagi siswa SMP. Untuk itu pengembang membuat alternatif melalui upaya pengembangan media pembelajaran berbentuk tutorial. Pengembangan media pembelajaran tutorial bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menarik, dan efektif untuk dipergunakan oleh siswa. Desain pengembangan menggunakan model pengembangan Arif S. Sadiman dengan subyek uji coba adalah siswa kelas VIII SBI di SMP Negeri 4 Kepanjen . Validator terdiri dari dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan responden siswa. Sedangkan untuk menganalisa hasil belajar siswa menggunakan perbedaan mean dengan uji t (t-test). Validasi media pembelajaran tutorial Corel Draw menunjukkan hasil uji ahli media memenuhi kriteria valid, hasil uji ahli materi memenuhi kriteria valid, dan hasil uji audien memenuhi kriteria valid. Sedangkan uji t kelas kecil menghasilkan t hitung (4,8) > t tabel (2,78) kelas besar menghasilkan t hitung (11,02) > t tabel (2,07). Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran tutorial lebih tinggi daripada siswa sebelum menggunakan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tutorial Corel Draw layak untuk dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Bertolak dari temuan penelitian, beberapa hal yang disarankan adalah sebelum menggunakan media pembelajaran tutorial Corel Draw hendaknya guru melakukan pengecekan kesiapan fasilitas seperti komputer, LCD Projector, dan semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tutorial Corel Draw, hendaknya guru memberikan penjelasan tambahan tentang materi yang dianggap kurang dimengerti oleh siswa. Dan setelah penggunaan media pembelajaran tutorial guru hendaknya mengajak siswa untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung.