Penggunaan strategi SQ4R (Survey, question, read, record, recite, review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Henys Yunitasari

Main Author: Henys
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9655/
Daftar Isi:
  • KatakunciSurveyQuestionReadRecordReciteReview(SQ4R)membacapemahamanmenceritakankembaliceritahasilbelajarsiswa.PembelajaranmembacapemahamandikelasVIIFSMPN2SingosariKabupatenMalangmasihterdapatberbagaipermasalahan.Permasalahanyangmelatarbelakangihaltersebutadalah(1)kesulitansiswadalammengungkapkanpendapatberdasarkanisibacaan(2)menyimpulkanisibacaandanmenemukanpesanmoraldalambacaan(3)menjawabpertanyaananalisisdalambacaandanmencariidepokokdalamsetiapparagrafdan(4)siswamasihkesulitandalammencertitakankembaliceritadenganmenggunakanbahasasendiri.MengacupadapermasalahanpembelajaranmembacayangdialamiolehkelasVIIFSMPN2SingosarimakastrategiSQ4Rdapatdijadikansalahsatualternatifpemecahannya.StrategiSQ4Rdapatmendorongsiswauntukmencapaikeberhasilanbelajarmelaluikegiatanbelajarbersamadalamkelompok-kelompokkecil.Selainitudenganbekerjasamadiantaraanggotakelompokakanmendorongpeningkatankemampuansiswadalammenenmukandanmerumuskanalternatifpemecahanterhadapmasalahmateripelajaranyangdihadapi.StrategiSQ4RjugadapatmengembangkankemampuanberfikirkreatifsiswakarenastrategipembelajaranSQ4Rmemberikankesempatankepadasiswauntukberlatihmengemukakanpendapatataupertanyaanketikatahapdiskusikelompokyangsedangberlangsung.PadapenelitianinistrategiSQ4Rditerapkanpadapembelajaranmembacapemahaman.Membacapemahamanialahsuatuprosespengambilanmaknabacaanyangmelibatkanpengetahuandanpengalamanatauskematayangtelahdimilikidanmenggabungkannyadenganbacaaan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)MeningkatkankemampuanmenentukanidepokoksiswaSMPN2SingosaridenganmenggunakanstrategiSQ4R(2)MeningkatkankemampuanmenyimpulkanceritasiswaSMPN2SingosaridenganmenggunakanstrategiSQ4Rdan(3)MeningkatkankemampuanmenceritakankembalisiswaSMPN2SingosaridenganmenggunakanstrategiSQ4RPenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yaitupenelitianyangbertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswayangdilihatdariproseskegiatanbelajar-mengajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifkarenakarenadiupayakanuntukmendapatkandataverbaldandatanonverbalyangsecarapotensialdapatmemberikanmaknadaninformasiyangsesuaidengantujuanpenelitian.Dataverbalberupateksvdalampelajaranmembacapemahaman.Datanonverbalberubaperilakuinteraksidankejadian-kejadianyangberhubungandenganpenelitianini.SubyekdalampenelitianinisiswakelasVIIFSMPNegeri2Singosaritahunpelajaran2020-2011yangberjumlah38siswadenganperincian16siswaperempuandan22siswalaki-laki.Instumenyangdigunakanadalahlembarkerjasiswapedomanobservasidanpedomanwawancara.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniberupahasilevaluasiatauhasilbelajarsiswadatapelaksanaan/dataprosespembelajaranmembacapemahamandandataperencanaanpembelajaranyangdigunakanketikagurumengajar.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwa(1)peningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)untukmeningkatkankemampuanmenentukanidepokoksiswamemperolehnilairata-rata627.SiswayangmemperolehnilaiSKMhanya50%dari38siswayaitu19siswa(2)PeningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)kemampuanmenyimpulkanceritasiswamemperolehnilairata-rata4950.Hanya13%atau5siswayangmemperolehketuntasannilai.Danuntuk33siswamemperolehnilaidibawahSKM(3)PeningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)kemampuanmenceritakankembalisiswamemperolehnilairata-rata5107.PadapenelitiansiklusIIhasilbelajarsiswameningkatnilaiyangdiperolehsiswasudahmemenuhiSKM.(1)PeningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)untukmeningkatkankemampuanmenentukanidepokoksiswamemperolehnilairata-rata758.84%dari37siswasudahmemperolehnilaidiatasSKM(2)PeningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)kemampuanmenyimpulkanceritasiswamemperolehnilairata-rata7510.84%dari37siswayangmemperolehnilaituntassebanyak31siswa(3)PeningkatanpenggunaanstrategiSQ4R(surveyquestionreadrecordrecitereview)kemampuanmenceritakankembalisiswamemperolehnilairata-rata7510.DengandilaksanakanpenelitianinidapatdibuktikanjikapenggunaanstategiSQ4Rdapatmeningkatkankemampuanmembacasiswa.Haltersebutdapatdibuktikandenganhasilbelajarsiswadalampembelajaranmembacapemahamansiswayangterbagidalampembelajaranmenentukanidepokokmenyimpulkanceritadanmenceritakankembaliceritayangdibaca.