Muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII / Ana Bariroh
Main Author: | Bariroh, Ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9650/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANBarirohAna.2018.MuatanPendidikanLingkungandalamBukuTeksBahasaIndonesiaSMP/MTsKelasVIIEdisiRevisi2017terbitanKemendikbud.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EndahTriPriyatniM.Pd.KataKuncipendidikanlingkunganbukuteksBahasaIndonesiakelasVIIPengintegrasianmateripendidikanlingkungankedalammatapelajaranlainmerupakansalahsatuperwujudanPeraturanPresidenRepublikIndonesiaNo.87Tahun2017tentangPenguatanPendidikanKarakteryakninilaicintalingkungandantanggungjawabuntuksenantiasamenjagalingkungan.MuatanpendidikanlingkungandidalammatapelajaranBahasaIndonesiamasihmemilikisedikitkeganjilanpadapandanganbeberapaorangkarenabanyakyangberanggapanbahwapendidikanlingkungan(environmentaleducation)adalahilmulingkungan(ecology).Saatnilai-nilaikarakterdanmuatanbudayadalambukuteksbanyakditelitipenelitianspesifikmengenaimuatanmateripendidikanlingkungandalambukuteksBahasaIndonesiaEdisiRevisi2017belumpernahdilakukan.TujuandaripenelitianiniyaknimendeskripsikanbentukintegrasimuatanpendidikanlingkungandalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MTsEdisiRevisi2017sebaranintegrasimuatanpendidikanlingkungandalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MTsEdisiRevisi2017dankonteksyangmelatarimuatanpendidikanlingkungandalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MTsEdisiRevisi2017.HasilpenelitiandidapatkandipaparkansebagiberikutyakniPertamaterdapat10bentuktopikmuatanpendidikanlingkunganyangmunculdalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVII.Bentuktopikmuatantersebutyaknitentangekosistemsumberdayalingkungandayadukunglingkungankepedulianpartisipasiestetikakearifanlokaletikalingkunganpengambilankeputusanterhadapisulingkungandankebencanaan.KeduasebaranmuatanpendidikanlingkunganyangmunculdalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIItersebutPendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.PendekatankualitatifdipilihkarenapenelitianinimemilikitujuanuntukmendeskripsikanmengenaimuatanpendidikanlingkungandalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIIEdisiRevisi2017terbitanKemendikbud.ProsedurpengumpulandatapenelitianinimenggunakanstudidokumentasidenganmenganalisisisitertulisdalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MTsEdisiRevisi2017terbitanKemendikbud.DokumensebagaisumberutamapenelitianiniadalahbukuteksBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MtsEdisiRevisi2017terbitanKemendikbud.Dataverbalyangditelitidalampenelitianiniadalahkata-katakalimatparagrafteksgambarmaupunsoaldanevaluasiyangmemuatsertaberhubungandenganpendidikanlingkungandalambukusiswaBahasaIndonesiaKelasVIISMP/MTsEdisiRevisi2017terbitanKemendikbud.Analisisdatadilakukandengantahapanmeliputipengklasifikasiandatapengeinterpretasiandatadanpendeskripsianhasilanalisisdatayangdibantuolehtabelpanduananalisisdata.Datayangterkumpuldiolahdalamduainstrumenpendukungberupatabelpengumpuldatadantabelpengolahdata.iiyaknipadabagianpengantarmateripendukungtekssastrateksnonsastratugasdangambar.KetigakonteksyangmelatarimuatanpendidikanlingkunganyangmunculdalambukuteksBahasaIndonesiaKelasVIItersebutyaknitertulissecaratersurattersiratdantersorotdalamkalimatdibagian-bagianbukutekssepertidalambagianpengantarmateripendukungtekssastrateksnonsastratugasdangambarsehinggamenentukanmaknadaritopikmuatanpendidikanlingkunganyangdimaksuddanmendorongsiswauntuklebihmeleklingkungandansadarbahwaperlumelakukantindakanuntuklebihmelestarikanlingkungan.Berdasarkahhasiltersebutterdapatsaranyangdapatdijadikansebagaipertimbangan.Pertamauntukguru.BukuteksBahasaIndonesiaKelasVIIuntukSMP/MTsEdisiRevisi2017terbitanKemendikbudinisudahmemuatsepuluhtopikmuatanpendidikanlingkungan.Muatanpendidikanlingkungandidalambukuteksinitidakmenjadipoinutamayangharusditonjolkannamunberjalanberiringandenganmuatanpendidikankarakteragartujuandalampembelajarandapattercapaigunamembentukpribadidanakhlaksiswamenjadilebihterbentukdanterarah.Keduauntukpenulisataupenyusunbukuteks.Bilaakanmemanfaatkanmuatanpendidikanlingkungantopikaktualdanfaktualsangatdisarankanuntukdiangkatdandijadikanbahasandalampembelajaranagarsiswamenjaditertarikdenganbahasanyangada.Ketigauntukpenelitiselanjutnya.PenelitiantentangintegrasiantaramuatanpendidikanlingkungandanmatapelajaranBahasaIndonesiamasihsedikit.Selainitusemakinberkembangnyaeramodernsaatinimembuatduniapendidikanjugaikutberkembangseiringberjalannyawaktu.Olehkarenaitupendidikanlingkunganyangadadidalampendidikankarakterbisadigunakansebagaivarianlainuntukdijadikanobjekpenelitiankarenasamapentingnyadenganbentukpendidikankarakteryanglain.ii