Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menulis karangan narasi dan deskripsi untuk siswa SMP / Aviasa Ragil Bima Nugraha
Main Author: | Nugraha, Aviasa Ragil Bima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9648/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNugrahaAviasaRagilBima.2017.PengembanganMediaPembelajaranMultimediaInteraktifMenulisKaranganNarasidanDeskripsiuntukSiswaSMP.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MartutikM.Pd.KataKuncimediapembelajaranmenuliskaranganmultimediainteraktifPeningkatanmutupendidikanmerupakansalahsatuunsurkonkretyangsangatpentingdalamupayapeningkatankualitassumberdayamanusia.Sejalandenganituhalyangsangatpentinguntukdiperhatikanadalahmasalahprestasibelajar.Sebenarnyabanyakfaktoryangmenyebabkanprestasibelajarmengalamikegagalandalambidangakademik.Faktor-faktortersebutantaralainfaktoryangberadadalamdirisiswamaupunfaktoryangberadadiluardirisiswa.Mediapembelajaranmerupakansalahsatukomponenpentingdalammewujudkansekolahyangefektifkreatifdanproduktif.Denganmemanfaatkanmediasiswadapatbelajarsecaramandiri.TujuanpengembanganbahanajariniadalahmengembangkanisimediapembelajaranmenuliskaranganberbasismultimediainteraktifpadasiswaSMPsertauntukmengetahuitingkatkelayakandankemenarikanmediapembelajaranmenuliskaranganberbasismultimediainteraktifpadasiswaSMP.PenelitianpengembanganiniakanmenghasilkanprodukberupaCDinteraktifberbasisPowerpointShowyangdapatdioperasikandenganmenggunakanPCtanpamemperhatikanprosesorPCOSwindowsdanresolusiyangdigunakansertahanyamembutuhkansaranapendukungberupasoftwareMicrosoftOfficePowerpoint(minimal2007)CDRoomdanmouse.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidarimodelpenelitiandanpengembanganSadimandkk(200398).ModeldesainpenelitiandanpengembanganSadimandirumuskandalamlangkah-langkahsebagaiberikut(1)analisiskebutuhandankarakteristiksiswa(2)merumuskantujuaninteruksional(3)pengembanganmateripembelajaran(4)pengembanganalatevaluasimedia(5)penyusunannaskahmedia(6)produksimedia(7)ujicobamediadan(8)revisimedia.Ujicobaprodukinidilakukandenganmelakukanujiahlimediaahlimateripraktisidansiswa.Tujuannyauntukmendapatkanmasukanpenilaiansebagailangkahpijakanuntukmelakukanperbaikan/revisiterhadapkualitasmediapembelajaran.Hasilujimediapembelajaranmenuliskaranganpadaaspekkesesuianisimediapembelajaranmemperolehskorrata-ratasebesar75%berartitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Hasilujimediapembelajaranmenuliskaranganpadakemenarikanmediapembelajaranmemperolehskorrata-ratasebesar75%berartitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Mediapembelajaranmenuliskaranganinimenjadisalahsatualternatifsumberbelajarmenuliskarangan.Sebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudisarankanmenggunakanmediapembelajaraninidansiswadapatmenggunakanmediapembelajaraninisecaramandiri.Pengembanganmediapembelajaraninidapatdijadikanpertimbangandansumberinspirasidalammengembangkanmediapembelajaranmenuliskaranganyanglebihbaiklagi.SelanjutnyaprodukpengembangandapatdisebarluaskanmelaluijurnalpenelitiandanforumMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP)BahasaIndonesia.