Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menulis karangan narasi dan deskripsi untuk siswa SMP / Aviasa Ragil Bima Nugraha

Main Author: Nugraha, Aviasa Ragil Bima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9648/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNugrahaAviasaRagilBima.2017.PengembanganMediaPembelajaranMultimediaInteraktifMenulisKaranganNarasidanDeskripsiuntukSiswaSMP.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MartutikM.Pd.KataKuncimediapembelajaranmenuliskaranganmultimediainteraktifPeningkatanmutupendidikanmerupakansalahsatuunsurkonkretyangsangatpentingdalamupayapeningkatankualitassumberdayamanusia.Sejalandenganituhalyangsangatpentinguntukdiperhatikanadalahmasalahprestasibelajar.Sebenarnyabanyakfaktoryangmenyebabkanprestasibelajarmengalamikegagalandalambidangakademik.Faktor-faktortersebutantaralainfaktoryangberadadalamdirisiswamaupunfaktoryangberadadiluardirisiswa.Mediapembelajaranmerupakansalahsatukomponenpentingdalammewujudkansekolahyangefektifkreatifdanproduktif.Denganmemanfaatkanmediasiswadapatbelajarsecaramandiri.TujuanpengembanganbahanajariniadalahmengembangkanisimediapembelajaranmenuliskaranganberbasismultimediainteraktifpadasiswaSMPsertauntukmengetahuitingkatkelayakandankemenarikanmediapembelajaranmenuliskaranganberbasismultimediainteraktifpadasiswaSMP.PenelitianpengembanganiniakanmenghasilkanprodukberupaCDinteraktifberbasisPowerpointShowyangdapatdioperasikandenganmenggunakanPCtanpamemperhatikanprosesorPCOSwindowsdanresolusiyangdigunakansertahanyamembutuhkansaranapendukungberupasoftwareMicrosoftOfficePowerpoint(minimal2007)CDRoomdanmouse.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidarimodelpenelitiandanpengembanganSadimandkk(200398).ModeldesainpenelitiandanpengembanganSadimandirumuskandalamlangkah-langkahsebagaiberikut(1)analisiskebutuhandankarakteristiksiswa(2)merumuskantujuaninteruksional(3)pengembanganmateripembelajaran(4)pengembanganalatevaluasimedia(5)penyusunannaskahmedia(6)produksimedia(7)ujicobamediadan(8)revisimedia.Ujicobaprodukinidilakukandenganmelakukanujiahlimediaahlimateripraktisidansiswa.Tujuannyauntukmendapatkanmasukanpenilaiansebagailangkahpijakanuntukmelakukanperbaikan/revisiterhadapkualitasmediapembelajaran.Hasilujimediapembelajaranmenuliskaranganpadaaspekkesesuianisimediapembelajaranmemperolehskorrata-ratasebesar75%berartitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Hasilujimediapembelajaranmenuliskaranganpadakemenarikanmediapembelajaranmemperolehskorrata-ratasebesar75%berartitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Mediapembelajaranmenuliskaranganinimenjadisalahsatualternatifsumberbelajarmenuliskarangan.Sebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudisarankanmenggunakanmediapembelajaraninidansiswadapatmenggunakanmediapembelajaraninisecaramandiri.Pengembanganmediapembelajaraninidapatdijadikanpertimbangandansumberinspirasidalammengembangkanmediapembelajaranmenuliskaranganyanglebihbaiklagi.SelanjutnyaprodukpengembangandapatdisebarluaskanmelaluijurnalpenelitiandanforumMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP)BahasaIndonesia.