Pengembangan modul menulis cerita fantasi dengan media gambar seri Petualangan Bambam untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Ainul Latifah
Main Author: | Latifah, Ainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9646/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANLatifahAinul.2018.PengembanganModulMenulisCeritaFantasidenganSumberIdeGambarSeriPetualanganBambamuntukSiswaKelasVIISMP/MTs.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MuakibatulHasanahM.Pd.KataKuncipengembanganmodulmenulisceritafantasiMenulismerupakankegiatanmenuangkangagasanatauidedalambentuktulisan.Keterampilanmenulisdianggapsebagaisuatuprosesmaupunsuatuhasil.SalahsatubentukpembelajaranmenulisdiSMPadalahpembelajaranmenulisceritafantasi.DalamKurikulum2013revisi2016salahsatukompetensidasaryangdiharapkandapatdicapaisiswakelasVIIyaknisiswamampumenyajikangagasankreatifdalambentukceritafantasisecaratulismaupunlisandenganmemerhatikanstrukturdanpenggunaanbahasa.Berdasarkanhasilstudipendahuluanditemukanakankesulitanmendapatkanbahanajarberupamodulyangdapatmembantusiswauntukmenemukanideatautopikuntukdikembangkanmenjadiceritafantasi.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniyaitu(a)mengembangkanmodulmenulisceritafantasidengansumberidegambarseripetualanganBambamdenganmemperhatikanaspekisikegrafikaandankebahasaandan(b)mendeksripsikanhasilujikelayakanmodulmenulisceritafantasidengansumberidegambarseripetualanganBambamSebagaiupayauntukmencapaitujuandiataspenelitimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganBorgandGall.AkantetapipenelititidakmenggunakansemuatahapanpadametodeBorgandGall.Penelitimemvariasikanmenjaditujuhtahapyakni(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)validasiahlidanpraktisi(5)revisihasilvalidasiahlidanpraktisi(6)ujicobalapangan(siswa)dan(7)penyempurnaanprodukakhir.Penilaianujicobamoduldihasilkandaritigaaspekyaituaspekisikegrafikaandankebahasaan.Datadalampenelitiandanpengembanganiniterdiriatasduajenisdatayaitudataverbaldeskriptifdandatanumerik.Dataverbaltertulisberasaldarisarandankomentaryangterdapatpadalembarangketpenilaian.Datanumerikdiperolehdarihasilpenilaiansubjekujiterhadapprodukberupaskoryangterdapatdariangketpenilaian.Instrumenyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahangket/kuesionerdanpedomanwawancara.PenelitianpengembanganinimenghasilkanprodukberupamodulcetakyangberjudulBerfantasiMelaluiGambarSeriPetualanganBambamyangdikembangkandariKompetensiDasar3.4Menelahstrukturdankebahasaandan4.4Menyajiangagasankreatif.Modulinimenggunakanlandasanmodelpembelajaranpedagogicgenre.Isimodulterdiriataslimaunitkegiatanyangmasing-masingmemilikisubunit/subkegiatan.Subunit/subkegiatanterdiriatas1)membangunkonteks2)pemodelan3)perhatikancontoh4)mengonstruksisecaraterbimbingdan5)mengonstruksisecaramandiri.KegrafikaanmoduldisajikansesuaidenganstandarISOyakniB5182X257mmdengantebalkertasii70gramdandicetakbolakbalik.Marginmodulmenggunakanmarginatasbawahdankanan2cmsementaramarginkiriukuran4cm.Modulmenggunakanjenisfontyangberagamsesuaidengansubtansi.BahasayangdigunakanadalahragambahasaIndonesiaformalkomunikatifdantentunyasesuaidenganperkembangansiswaSMPkelasVIIagarsiswadapatmemahamimoduldenganbaik.Hasilvalidasiahlimateripadaaspekisirata-rata85%aspekkegrafikaanrata-rata7916%danaspekkebahasaanrata-rata75%.Hasilvalidasiahlipenyusunanbahanajarpadaaspekisirata-rata7142%aspekkegrafikaanrata-rata8461%danaspekkebahasaanrata-rata100%.Selainitusaranmeliputi1)teksberbedadarilatihandankegiatan2)landasanteorimenggunakanpedagogicgenre3)memunculkangambarseripadalatihanmandirisertagambarserimemuatstrukturceritafantasidan4)nomorseritercantumdalamgambarseriHasilujipraktisipadaaspekisirata-rata975%aspekkegrafikaanrata-rata90%danaspekkebahasaanrata-rata100%.Selainitudiperolehsarandankomentar.Saranmeliputi1)gambarharusmendukungkonsepmateridan2)gambarseritergambarsecararinci.Hasilujicobalapanganpadaaspekisirata-rata8397%aspekkegrafikaan8671%danaspekkebahasaanrata-rata875%.Selainitudiperolehkomentarmeliputi1)gambarserilucudan2)materididukungdengangambarilustrasi.Berdasarkanhasilvalidasidanujipraktisidilakukantindaklanjutrevisiterhadapmoduldenganmengubahmodelpembelajaranmenjadipedagogicgenremenggantistrukturlatihanmencantumkannomorseripadagambarserimenggantigambarilustrasidanmengubahbeberapagambarserimenjadilebihrinci.ModulmenulisceritafantasidengansumberidegambarseripetualanganBambamhanyadapatdimanfaatkanataudigunakanpadasekolahdengankriteriatertentumisalkansekolahyangdijadikanpenulissebagaitempatujicobadantempatpenulisuntukmendapatinformasiuntuktahapprapengembangan.Halinidisebabkanmoduldiujicobakanhanyapadatahapujicobalapangankelompokterbatas.Padagurudansiswadengancatatansebagaibahantambahanuntukpembelajaranmenulisceritafantasiataubahanberlatihmenulisceritafantasidirumah.Untukpenelitilaindapatdigunakansebagaiacuanmengembangkanprodukyangsamadanjugadapatdilanjutkanpadatahappenelitianpengembanganlebihlanjut.Agardapatdigunakanpadasemuasekolahjenjangmenengahpertama.