Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah
Main Author: | Masyfiyah, Luailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9639/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMashfiyahLuailatul.2017.PeningkatanKemampuanMenulisTeksDeskripsidenganMediaTebakMontaseSiswaKelasVIIMTsNPandaanTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PideksoAdiM.Pd.KataKuncimenulisteksdeskripsimediatebakmontaseMenulisteksdeksripsimerupakansalahsatukemampuanberbahasapadamatapelajaranbahasaIndonesiaditingkatSMP/MTs.TeksdeskripsimerupakansalahsatukompetensidasaryangdiajarkandikelasVIISMP/MTs.Teksdeskripsiadalahteksyangmenggambarkanobjekyangdiamatisecararincimelaluipancaindra.MelaluikegiatanmenulisteksdeskripsidiharapkansiswakelasVIIEMTsNPandaantahunajaran2016/1017dapatmenggambarkanobjekmelaluipancaindrasehinggamembuatpembacaseolah-olehmelihatmerasakanmendengarmencicipiataumenciumlangsungobjekyangdigambarkan.Berdasarkanhasilstudipendahuluandiketahuibahwaprosesdanhasilpembelajaranmenulisteksdeskripsisiswamasihrendah.Olehkarenaitudibutuhkanperbaikanpadaprosespembelajaranuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksdeskripsi.Salahsatuperbaikanyangdigunakandalampembelajaranmenulisteksdeskripsiyaitudenganmenggunakanmediatebakmontase.PenelitianinidilaksanakanuntukmengetahuipeningkatanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasepadasiswakelasVIIEMTsNPandaan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIEMTsNPandaanyangberjumlah31siswa.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanwawancaraobservasiangketdantes.Analisisdataperencanaandanprosespembelajaransiswadilakukandenganteknikdeskriptifkualitatifsedangkanhasilbelajardianalisisdengancaramengumpulkanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasemengoreksidanmenentukanskorberdasarkanrubrikpenilaian.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiketahuibahwapenggunaanmediatebakmontasedapatmeningkatkanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsisiswa.Peningkatantersebutdilihatdaripeningkatanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontase.Padapeningkatanprosessiswatelahmampumelaksanakanprosestahapanmenulisdenganbaikmulaidaritahappramenulismenulisdantahappascamenulis.Padapembelajaranmenulisteksdeskripsipratindakansiswamerasasulitdalammenggambarkanobjektanpamelihatobjeksecaralangsungmengembangkankalimatdeskriptifdanmenggunakanejaandantandabacadenganbenar.SetelahadanyatindakanberupapenggunaanmediatebakmontasedalampembelajaranmenulisteksdeskripsipadasiklusIdansiklusIIsiswamampumengatasikesulitannyadalammenulisiiteksdeskripsimelaluitahapan-tahapanmenulisdenganpenggunaanmediatebakmontase.Siswamampumengamativideomontasemampumembuatdanmengembangkankerangkasertamampumenyajikandanmenanggapiteksdeskripsiyangtelahmerekatulis.Selainitupadapeningkatanprosesjugadilihatdarisikapsiswaselamaprosespembelajaranberlangsung.Aspek-aspeksikapsiswatersebutmeliputiaspekkemandiriankejujurantanggungjawabdanpercayadiri.Aspek-aspektersebutmengalamipeningkatanyangsignifikan.Ditunjukkandengansikapsiswayangmampumengerjakantugassecaramandiritidakmenyontekhasilkerjatemanmengerjakantugasdengankesadarandirisendiridanberanimenyajikandanmenanggapiteksdeskripsiyangtelahditulis.Berdasarkanresponsiswayangdidapatkandaripengisianangkethampirseluruhsiswatelahmemberikanresponpositifterhadappenggunaanmediatebakmontasepadapembelajaranmenulisteksdeskripsi.Peningkatanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasedapatdilihatdariduaaspekyaitu(1)kesesuaianstrukturteksdeskripsidan(2)kebahasaanteksdeskripsi.Padapratindakanteksdeskripsisiswatidaksesuaidenganstrukturteksdeskripsipenggambaranobjekmasihbersifatumum(kurangmendetaildankurangmenggambarkanobjekberdasarkanpengalamanpancaindra)danpenggunaanejaandantandabacakurangtepat.PadasiklusIterjadipeningkatanpadahasilteksdeskripsiyangditulissiswa.Isiteksdeskripsisudahsesuaidenganstrukturteksdeskripsidanpenggambaranobjeksudahmulaimendetaildanmenggambarkanpengalamanpancaindranamunpenggunaanejaandantandabacamasihadabeberapasiswayangmasihbelummampumenggunakannyadengantepat.PadasiklusIIpenggunaanejaandantandabacasudahmeningkatdaripadasiklusIsebagianbesarteksdeskripsisiswasudahmenggunakanejaandantandabacadengantepat.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmemberikankesimpulanbahwamediatebakmontasedapatmeningkatkanprosesdanhasildalampembelajaranmenulisteksdeskripsi.Padahasilpenelitianinidisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediapembelajaranyanginovatifdalamprosesbelajar-mengajarterutamapadapembelajaranmenulisteksdeskripsi.GurujugadapatmenerapkanhasilpenemuaninisebagaiinovasipembelajaranbahasaIndonesiayanglebihbervariasidantidakmembosankanbagisiswa.Selainitupenelitilaindiharapkandapatmengembangkanpenelitiansejenisdenganmenggunakanmodelpenelitianyanglain.Tujuannyaadalahagardidapathasilpenelitianyanglebihbaikdaripenelitianini.Bagisiswadisarankanuntukmemperkayawawasanmelaluikegiatanpembelajaranmenulisteksdeskrisidenganmediatebakmontase.