Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan media tebak montase siswa kelas VII MTSN Pandaan Tahun ajaran 2016/2017 / Luailatul Mashfiyah

Main Author: Masyfiyah, Luailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9639/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKMashfiyahLuailatul.2017.PeningkatanKemampuanMenulisTeksDeskripsidenganMediaTebakMontaseSiswaKelasVIIMTsNPandaanTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PideksoAdiM.Pd.KataKuncimenulisteksdeskripsimediatebakmontaseMenulisteksdeksripsimerupakansalahsatukemampuanberbahasapadamatapelajaranbahasaIndonesiaditingkatSMP/MTs.TeksdeskripsimerupakansalahsatukompetensidasaryangdiajarkandikelasVIISMP/MTs.Teksdeskripsiadalahteksyangmenggambarkanobjekyangdiamatisecararincimelaluipancaindra.MelaluikegiatanmenulisteksdeskripsidiharapkansiswakelasVIIEMTsNPandaantahunajaran2016/1017dapatmenggambarkanobjekmelaluipancaindrasehinggamembuatpembacaseolah-olehmelihatmerasakanmendengarmencicipiataumenciumlangsungobjekyangdigambarkan.Berdasarkanhasilstudipendahuluandiketahuibahwaprosesdanhasilpembelajaranmenulisteksdeskripsisiswamasihrendah.Olehkarenaitudibutuhkanperbaikanpadaprosespembelajaranuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksdeskripsi.Salahsatuperbaikanyangdigunakandalampembelajaranmenulisteksdeskripsiyaitudenganmenggunakanmediatebakmontase.PenelitianinidilaksanakanuntukmengetahuipeningkatanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasepadasiswakelasVIIEMTsNPandaan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIEMTsNPandaanyangberjumlah31siswa.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanwawancaraobservasiangketdantes.Analisisdataperencanaandanprosespembelajaransiswadilakukandenganteknikdeskriptifkualitatifsedangkanhasilbelajardianalisisdengancaramengumpulkanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasemengoreksidanmenentukanskorberdasarkanrubrikpenilaian.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiketahuibahwapenggunaanmediatebakmontasedapatmeningkatkanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsisiswa.Peningkatantersebutdilihatdaripeningkatanprosesdanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontase.Padapeningkatanprosessiswatelahmampumelaksanakanprosestahapanmenulisdenganbaikmulaidaritahappramenulismenulisdantahappascamenulis.Padapembelajaranmenulisteksdeskripsipratindakansiswamerasasulitdalammenggambarkanobjektanpamelihatobjeksecaralangsungmengembangkankalimatdeskriptifdanmenggunakanejaandantandabacadenganbenar.SetelahadanyatindakanberupapenggunaanmediatebakmontasedalampembelajaranmenulisteksdeskripsipadasiklusIdansiklusIIsiswamampumengatasikesulitannyadalammenulisiiteksdeskripsimelaluitahapan-tahapanmenulisdenganpenggunaanmediatebakmontase.Siswamampumengamativideomontasemampumembuatdanmengembangkankerangkasertamampumenyajikandanmenanggapiteksdeskripsiyangtelahmerekatulis.Selainitupadapeningkatanprosesjugadilihatdarisikapsiswaselamaprosespembelajaranberlangsung.Aspek-aspeksikapsiswatersebutmeliputiaspekkemandiriankejujurantanggungjawabdanpercayadiri.Aspek-aspektersebutmengalamipeningkatanyangsignifikan.Ditunjukkandengansikapsiswayangmampumengerjakantugassecaramandiritidakmenyontekhasilkerjatemanmengerjakantugasdengankesadarandirisendiridanberanimenyajikandanmenanggapiteksdeskripsiyangtelahditulis.Berdasarkanresponsiswayangdidapatkandaripengisianangkethampirseluruhsiswatelahmemberikanresponpositifterhadappenggunaanmediatebakmontasepadapembelajaranmenulisteksdeskripsi.Peningkatanhasilmenulisteksdeskripsidenganmediatebakmontasedapatdilihatdariduaaspekyaitu(1)kesesuaianstrukturteksdeskripsidan(2)kebahasaanteksdeskripsi.Padapratindakanteksdeskripsisiswatidaksesuaidenganstrukturteksdeskripsipenggambaranobjekmasihbersifatumum(kurangmendetaildankurangmenggambarkanobjekberdasarkanpengalamanpancaindra)danpenggunaanejaandantandabacakurangtepat.PadasiklusIterjadipeningkatanpadahasilteksdeskripsiyangditulissiswa.Isiteksdeskripsisudahsesuaidenganstrukturteksdeskripsidanpenggambaranobjeksudahmulaimendetaildanmenggambarkanpengalamanpancaindranamunpenggunaanejaandantandabacamasihadabeberapasiswayangmasihbelummampumenggunakannyadengantepat.PadasiklusIIpenggunaanejaandantandabacasudahmeningkatdaripadasiklusIsebagianbesarteksdeskripsisiswasudahmenggunakanejaandantandabacadengantepat.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmemberikankesimpulanbahwamediatebakmontasedapatmeningkatkanprosesdanhasildalampembelajaranmenulisteksdeskripsi.Padahasilpenelitianinidisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediapembelajaranyanginovatifdalamprosesbelajar-mengajarterutamapadapembelajaranmenulisteksdeskripsi.GurujugadapatmenerapkanhasilpenemuaninisebagaiinovasipembelajaranbahasaIndonesiayanglebihbervariasidantidakmembosankanbagisiswa.Selainitupenelitilaindiharapkandapatmengembangkanpenelitiansejenisdenganmenggunakanmodelpenelitianyanglain.Tujuannyaadalahagardidapathasilpenelitianyanglebihbaikdaripenelitianini.Bagisiswadisarankanuntukmemperkayawawasanmelaluikegiatanpembelajaranmenulisteksdeskrisidenganmediatebakmontase.